Umat Islam, Berikut Adab Berpakaian dalam Islam yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Islam, Berikut Adab Berpakaian dalam Islam yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Islam mengajarkan agar seorang muslim berpakaian dengan pakaian islami dengan tuntunan yang telah Allah dan Rasul-Nya ajarkan. Termasuk adab berpakaian, pakaian merupakan salah satu nikmat sangat besar yang Allah berikan kepada para hambanya. Berikut ini adalah adab-adab berkenaan dengan berpakaian yang sepantasnya diketahui oleh seorang muslim.

Mendahulukan yang kanan ketika memakai pakaian dan semacamnya, merupakan sunah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Aisyah Ummul Mukminin mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam suka mendahulukan yang kanan ketika bersuci, bersisir dan memakai sandal” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dalam redaksi Muslim dikatakan, “Rasulullah menyukai mendahulukan yang kanan dalam segala urusan, ketika memakai sandal, bersisir dan bersuci.”

Imam Nawawi mengatakan, bahwa Hadis ini mengandung kaidah baku dalam syariat, yaitu segala sesuatu yang mulia dan bernilai maka dianjurkan untuk mendahulukan yang kanan pada saat itu semisal memakai baju, celana panjang, sepatu, masuk ke dalam masjid, bersiwak, bercelak, memotong kuku, menggunting kumis, menyisir rambut, mencabut bulu ketiak, menggundul kepala, mengucapkan salam sebagai tanda selesai shalat, membasuh anggota wudhu, keluar dari WC, makan dan minum, berjabat tangan, menyentuh hajar aswad dan lain-lain.

Sedangkan hal-hal yang berkebalikan dari hal yang diatas dianjurkan untuk menggunakan sisi kiri semisal masuk WC, keluar dari masjid, membuang ingus, istinjak, mencopot baju, celana panjang dan sepatu. Ini semua dikarenakan sisi kanan itu memiliki kelebihan dan kemuliaan.

Adab berpakaian dalam islam adalah sebagai berikut :

1. Pakaian harus menutupi aurat.

2. Pakaian harus bersih dan rapi

3. Untuk laki-laki, agar memakai pakaian yang panjang sampai menutupi aurat

4. Sedangkan wanita, harus menggunakan pakaian yang menutupi anggota tubuhnya keculai wajah dan kedua telapak tangan

5. Para lelaki muslim, haram hukumnya menggunakan sutra dan emas. Oleh karena itu, dilarang bagi lelaki muslim untuk menggunakan barang-barang diatas, sebagaimana sabda Rasulullah “Sesungguhnya dua benda ini (emas dan sutera) haram atas lelaki ummatku,” (H.R.Abu Daud).

6. Dalam Islam tidak diperkenankan lelaki memakai pakaian wanita dan sebaliknya. karena hal ini dapat menyebabkan “tassabuh”.

7. Dalam ajaran Islam, hukumnya sunah memakai pakaian dengan diawali bagian kanan.

8. Tidak diperkenankan memakai pakaian yang mewah.

9. Lebih mengutamakan pakaian yang berwarna putih.

10. Hendaklah berpakaian yang rapi dan sopan.(Islampos.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.