oleh

Umat Islam, Ini 14 Amalan Sunah Mulai Subuh hingga Magrib

PortalMadura.Com – Banyak sekali amalan sunah yang bisa dilakukan umat Islam mulai dari subuh hingga maghrib. Sehingga akan banyak pahala yang didapat jika dilakukan. Namun, jangan lupa untuk selalu melakukan amalan wajibnya.

Ada beberapa amalan yang bisa Anda lakukan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

1. Membaca surat al-Kahfi pada malam Jumat. Bila tidak sempat membacanya di malam hari boleh membacanya disiang hari.(HR. Ad-Darimi, An-Nasa’i, Al Hakim)

2. Membaca surat As-Sajdah dan surat Al-Insan secara sempurna pada dua rakaat shalat Subuh (HR. Bukhari dan Muslim serta yang lainnya).

3. Memperbanyak salawat kepada Nabi Muhammad SAW.(HR. Abu Dawud)

4. Wajib bagi laki-laki melaksanakan salat Jumat. (Lihat: Syarh al-Mumti’: 5/7-24)

5. Dianjurkan mandi besar (HR. Muslim)

6. Memakai wewangian, bersiwak atau menggosok gigi, serta mengenakan pakaian yang paling baik. (HR.Ahmad)

7. Berangkat lebih awal menuju masjid. (HR. Muttafaqun ‘alaih)

8. Saat menunggu kedatangan imam dianjurkan untuk menyibukkan diri dengan salat, membaca salawat, zikir maupun membaca Al-Quran.

9. Dianjurkan mendekat ke arah khotib untuk mendengarkan khotbah.(HR. Abu Dawud)

10. Dianjurkan juga menghadapkan wajah ke arah khotib saat khutbah sedang berlangsung. (HR. Abdurrazzaq dan Al-Baihaqi)

11. Wajib mendengarkan khotbah dengan seksama. Bagi siapa saja yang sibuk sendiri baik dengan bermain kerikil, berbicara, (mengotak-atik hp dll) pada saat khutbah sedang berlangsung, maka Jumatnya sia-sia. (Muttafaqun ‘Alaih)

12. Saat masuk masjid disunahkan mengerjakan salat dua rakaat terlebih dahulu sebelum duduk mendengarkan khutbah. Hal ini berlaku meskipun khotib sedang menyampaikan khotbah.(HR. Muslim)

13. Setelah menunaikan Salat Jumat disunahkan mengerjakan salat sunah dua rakaat atau empat rakaat dengan dua kali salam.(HR. Muslim)

14. Berdoa di penghujung hari Jumat. (Muttafaqun ‘Alaih)

“Barangsiapa yang menunjuki kepada kebaikan maka dia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang mengerjakannya” (HR. Muslim no. 1893)

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Okezone.com

Komentar