Umat Islam, Ini 6 Tanda Salatmu Diterima Allah SWT

  • Bagikan
Umat Islam, Ini 6 Tanda Salatmu Diterima Allah SWT
Ilustrasi (NU Online)

PortalMadura.Com – Dalam ajaran Islam, salat merupakan tiang agama. Salat dibagi menjadi dua yaitu salat wajib dan sunah. Salat lima waktu merupakan salat wajib yang harus dilakukan seluruh umat muslim, jika tidak dilaksanakan akan mendapat dosa.

Salat sunah banyak macamnya, seperti tahajut, duha, witir dan lain sebagainya. Jika tidak dilakukan tidak mendapat dosa. Melaksanakan salat wajib dan sunah akan menjaga diri dari perbuatan keji dan mungkar. Oleh karena itu, jangan pernah lupa atau bahkan tidak melaksanakan salat terutama yang wajib.

Ibadah salat menjadi urusan setiap muslim dengan Allah SWT. Tidak ada satu makhluk yang mengetahui hal ini. Namun, manusia hanya mengetahui tanda-tanda bahwa Allah SWT menerima ibadah salatnya. Lantas apa saja tandanya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com yang dikutip dari kanal Youtube Belajar Islam, berikut ini penjelasannya:

Tawadu

Salat yang diterima adalah salat yang khusyuk, penuh menjiwai, mempunyai rasa takut kepada Allah SWT, dan merendahkan diri di hadapan-Nya. Orang yang salatnya khusyuk memiliki sikap selalu tawadu. Alhasil, orang-orang yang salatnya diterima oleh Allah SWT adalah orang-orang yang rendah diri terhadap sesama, tidak sombong dan selalu mengagungkan kebesaran-Nya.

Tidak Sombong kepada Makhluk Allah SWT

Sikap tawadu dalam salat melahirkan jiwa yang rendah hati, sehingga dalam pergaulannya dia tidak sombong kepada sesama manusia. Kekuasaan, kekayaan, dan ilmu pengetahuan tidak membuatnya tinggi diri.

Hal ini juga tertuang dalam sebuah hadis qudsi yang berbunyi: “Sesungguhnya Aku (Allah) hanya akan menerima salat dari hamba yang dengan salatnya itu dia merendahkan diri di hadapan-Ku. Dia tidak sombong kepada makhluk-Ku yang lain. Dia tidak mengulangi maksiat kepada-Ku. Dia menyayangi orang-orang miskin dan orang-orang yang menderita. Aku akan muliakan salat hamba itu dengan kebesaran-Ku. Aku akan menyuruh malaikat untuk menjaganya. Dan kalau dia berdoa kepada-Ku, Aku akan memperkenankannya.”

Tidak Mengulang Maksiat

Seperti disebutkan dalam hadis sebelumnya bahwa Allah SWT menerima salat orang-orang yang tidak mengulangi maksiat. Sebab, barang siapa salatnya tidak membuatnya menjauhi kekejian dan kemunkaran, maka ibadahnya itu akan membuatnya tambah jauh dari Allah SWT.

Mampu Mengontrol Hawa Nafsu

Orang-orang yang salatnya diterima Allah SWT biasanya mampu dalam mengendalikan hawa nafsu. Sebab dalam sebuah hadis juga dituliskan bahwa barang siapa yang salatnya tidak mencegah dari kejelekan dan kemunkaran, maka salatnya hanya akan menjauhkan dirinya dari Allah SWT.

Selalu Berzikir dan Mengingat Allah SWT

Orang-orang yang salatnya diterima Allah SWT akan selalu mengingat-Nya kapan pun. Oleh karena itu, dia akan selalu berzikir. Tidak hanya saat selesai salat, tetapi juga di siang hari, malam hari, bahkan ketika urusan dunianya sangat sibuk, lidahnya tidak akan kering dari menyebut nama Allah SWT.

Menyayangi Orang Miskin

Tanda atau ciri lainnya adalah, selain salat, mereka juga mencintai sesama mahkluk Allah SWT. Mereka tidak hanya menjaga hubungannya dengan Allah SWT, tetapi juga dengan sesama manusia, terutama orang-orang miskin. Mereka memikirkan penderitaan sesama dan rela menyisihkan waktu dan rezekinya untuk membahagiakan orang lain, termasuk orang-orang tidak mampu.

Wallahu a’lam bishawab.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.