Umat Islam, Ini 7 Keistimewaan Madrasah Ramadan

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Ini 7 Keistimewaan Madrasah Ramadan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi kaum Muslimin, Ramadan merupakan madrasah istimewa yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Di madrasah ini, umat Islam ditempa, dididik, dilatih, dan dibimbing untuk menjadi insan mulia.

Tidak ada madrasah yang terbaik dan teristimewa yang disediakan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya kecuali madrasah Ramadan. Pasalnya, ini terlihat dari beberapa hal yang perlu umat Islam ketahui.

Berikut tujuh keistimewaan madrasah Ramadan:

Pertama, tutor ataupun pengajar di madrasah Ramadan ini adalah Allah SWT, Rasulullah, dan orang-orang yang telah ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT, yaitu orang-orang yang berilmu.

“Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya” (QS al-Alaq : 4-5).

Dalam ayat yang lain: “Sebagaimana (Kami telah menyempurnakan nikmat Kami kepadamu) Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan menyucikan kamu dan mengajarkan kepadamu al-Kitab dan al-Hikmah (as Sunah), serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui” (QS al-Baqarah : 151).

Kedua, yang menjadi peserta didik di madrasah Ramadan ini bukan orang sembarang. Mereka adalah orang-orang yang beriman. “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS al-Baqarah : 183).

Ketiga, pendidikan di madrasah Ramadan ini berlangsung sebulan penuh dan dilaksanakan pada bulan yang istimewa, yaitu bulan Ramadan. “Seandainya umatku tahu apa-apa yang ada di bulan Ramadan, niscaya mereka akan menginginkan seluruh bulan itu adalah Ramadan”.

Baca Juga: Kenali 3 Tipe Orang Berpuasa Ramadan, Anda Termasuk yang Mana?

Keempat, madrasah Ramadan dilaksanakan di masjid, musala, langgar atau surau, dan di ruang-ruang kehidupan orang-orang yang beriman.

Kelima, materi yang diberikan di madrasah ini meliputi tiga hal, yaitu pendidikan rohani, pendidikan hati, dan pendidikan fisik. Dengan ketiga pendidikan itu, akan menjadikan rohani orang-orang yang beriman menjadi suci atau fitrah, memiliki kesabaran, mampu mengendalikan diri, dan menjadikan tubuhnya sehat.

Keenam, buku panduannya pun istimewa, yaitu Alquran dan hadis Rasulullah. Allah SWT berfirman: “Dan sesungguhnya Alquran itu adalah kitab yang mulia” (QS Fushshilat : 41).

Ketujuh, gelar yang diberikan kepada orang yang mampu menyelesaikan pendidikan di madrasah Ramadan ini adalah al-muttaqin, dan akan dianugerahi kebahagiaan di dunia dan akhirat, serta mendapat rida Allah SWT dan surga-Nya. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.