Umat Islam, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Ketika Ziarah Kubur

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Jangan Lakukan 4 Hal Ini Ketika Ziarah Kubur
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjelang bulan Ramadan, biasanya sebagian besar umat Islam melakukan ziarah kubur leluhur. Ziarah kubur memang memiliki banyak manfaat dan dianjurkan Rasulullah SAW. Manfaat ziarah kubur antara lain bisa melembutkan hati, mengingatkan kematian, dan mengingatkan kehidupan akhirat. Oleh karena itu, hampir semua kaum muslimin berbondong-bondong melakukan ziarah kubur.

Namun ternyata, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh peziarah ketika berziarah kubur. Apa saja? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, dari laman okezone.com yang dikutip dari situs Rumah Fiqih Indonesia, berikut beberapa larangan yang terkadang masih sering dilakukan oleh peziarah ketika berziarah kubur.

Berdoa dan Memohon kepada Ahli Kubur

Permohonan yang dimaksud adalah permohonan semacam minta rezeki, minta dimudahkan jodoh, dan lain-lain. Permohonan ini seharusnya diajukan kepada Allah SWT melalui doa, bukan diminta kepada ahli kubur. Sebab yang diminta tidak lebih mampu dari yang meminta. Keduanya pun sama-sama makhluk Allah Ta’ala SWT yang tidak berdaya, khususnya mereka yang sudah wafat dan berada di alam barzah.

Memohon Petunjuk Terkait Agama

Dilarang memohon kepada ahli kubur petunjuk agama dari perkara hukum-hukum syariah. Seharusnya bertanya dan meminta petunjuk ilmu agama bukan ke kuburan, melainkan dengan cara menuntut ilmu agama secara serius, telaten, dan berkesinambungan.

Memberi Sesajen

Memberi sesajen, sesembahan, dan sembelihan hewan dengan keyakinan untuk membahagiakan ahli kubur. Hal ini sangat diharamkan dalam agama Islam.

Menabur Bunga dan Siram Air Mawar

Dilarang menabur bunga dan menyiram air mawar. Persoalan ini memang masih menjadi perdebatan, ada yang menjadikannya tradisi dan ada pula yang melarangnya karena dianggap tidak memberikan manfaat apa pun bagi jenazah yang kuburnya diziarahi itu. Meski demikian, ini diperbolehkan jika sekadar ingin menampilkan keindahan bagi orang yang hidup.

Wallahualam bissawab.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.