Umat Islam, Lakukan 5 Amalan Ini Saat Pandemi Covid-19

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Lakukan 5 Amalan Ini Saat Pandemi Covid-19
Ilustrasi (Prudential Indonesia)

PortalMadura.Com – Pandemi covid 19 saat ini semakin merajalela. Sudah banyak cara yang dilakukan pemerintah maupun swasta untuk menekan perkembangan virus ini agar tidak semakin meluas. Mulai dari melakukan 5M, penyekatan di perbatasan kota atau bahkan yang terbaru yaitu PPKM Darurat.

Bagi umat Islam, ada beberapa amalan yang bermanfaat di saat pandemi covid 19 yang perlu diketahui dan diamalkan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut penjelasannya:

Menutup Bejana/Wadah Air Atau Makanan

Rasulullah bersabda: “Tutuplah bejana-bejana dan ikatlah (tutuplah) tempat-tempat air minum. Sebab, setiap satu tahun sekali ada satu malam yang wabah penyakit turun padanya. Tidaklah wabah penyakit tersebut melewati bejana atau tempat air yang tidak ditutup, kecuali akan masuk ke dalamnya.”

Dalam riwayat yang lain, *“Sebab, setiap satu tahun sekali ada satu hari yang wabah penyakit turun padanya.” *(HR. Muslim no. 2014, dari sahabat Jabir bin Abdillah

Tidak Lupa Membaca Doa Setiap Keluar Rumah

Rasulullah bersabda: “Apabila seseorang keluar dari rumahnya lalu membaca: BISMILLAAHI TAWAKKALTU ‘ALALLAAHI LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

“Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya dan tidak ada daya upaya serta kekuatan, kecuali hanya dengan pertolongan-Nya.”

(Barang siapa yang membaca doa ini ketika keluar rumah) dikatakan kepadanya: “{Kamu telah diberi petunjuk , diberi kecukupan (atas urusan-urusanmu), dan dijaga (dari segala keburukan).”_ (Hal ini) membuat setan menjauhinya. Bahkan, setan akan berkata kepada setan yang lain, _“Bagaimana mungkin kamu bisa menggoda orang yang telah diberi petunjuk, diberi kecukupan, dan dijaga?_” (HR. Abu Dawud no. 5095, dari sahabat Anas bin Malik. Hadits ini dan dinilai sahih oleh Syaikh al-Albani dalam Shahih Abi Dawud no. 5095)

Demikian Pula Setiap Keluar Rumah Membaca Doa Ini

ALLAAHUMMA INNI A'UUDZUBIKA AN ADHILLA AU UDHOLLA AU AZILLA AU UZALLA AU UZHLIMA AU UZHLAMA AU AJHALA AU YUJHALA ALAYYA

_“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari terjatuh dalam kesesatan atau disesatkan, tergelincir atau digelincirkan, menzalimi atau dizalimi, bodoh atau dibodohi.”_ (HR. Abu Dawud dari Ummu Salamah, dinyatakan sahih oleh Syaikh al-Albani; lihat Shahih Abi Dawud dan Misykah al-Mashabih 2/783)

Ketika Singgah di Suatu Tempat Membaca Doa Ini

A'UUDZU BI KALIMAATILLAAHIT TAAMMAATI MIN SYARRI MAA KHALAQ

_“Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah (kalamullah) Yang Sempurna, dari kejahatan makhluk yang telah Dia ciptakan.”_

Rasulullah bersabda: A'UUDZU BI KALIMAATILLAAHIT TAAMMAATI MIN SYARRI MAA KHALAQ

“Niscaya tidak ada sesuatu pun yang akan membahayakannya hingga ia meninggalkan tempat persinggahan tersebut.”_ (HR. Muslim no. 2708, dari sahabiyah Khaulah bintu Hakim radhiyallahu anha)

Membaca Dua Ayat Terakhir Surah Al-Baqarah Setiap Malam

“Barang siapa membaca dua ayat terakhir dari surah al-Baqarah di malam hari, (kedua ayat tersebut) akan mencukupinya.” (HR. al-Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808)

Secara khusus, sebagian amalan di atas bisa menjadi ikhtiar mencegah wabah penyakit. Demikian pula secara umum sebagian amalan yang lain adalah sebab mendapatkan perlindungan dari segala mudarat, termasuk penyakit dan wabah.

Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kita taufik untuk mengamalkan bimbingan Rasulullah dalam setiap sendi kehidupan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.