Umat Islam, Lakukan 6 Amalan Ini di Bulan Rajab

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Lakukan 6 Amalan Ini di Bulan Rajab
Ilustrasi (INews Jateng)

PortalMadura.Com – Salah satu bulan baik selain Ramadan yaitu Rajab. Bulan yang disebut juga bulan taubat ini mempunyai banyak keistimewaan. Diantaranya yaitu adanya peristiwa Isra' Mi'raj nabi Muhammad SAW.

Selain punya banyak keistimewaan, di ini juga harus perbanyak istighfar dan melakukan berbagai amalan atau kebaikan untuk menambah pahala. Lantas, amalan kebaikan seperti apa? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman okezone.com, berikut ini penjelasannya:

Berdoa Minta Keberkahan

Dalam riwayat Rasulullah, saat memasuki bulan Rajab beliau berdoa. “Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab, dan Sya'ban. Berkahi pula kami di bulan Ramadhan.”. Berdoa akan memunculkan harapan dan mendekatkan hati untuk dekat dengan Allah SWT. Memohon agar diberi keberkahan, panjang umur, serta bisa memaksimalkan hari-hari dengan penuh kebaikan. Sebab doa di bulan Rajab juga merupakan waktu yang mustajab.

Menghindar dari Berbuat Zalim

Berbuat zalim dilarang setiap saat. Namun, khusus bulan haram lebih ada penekanan. Dengan menghindari kezaliman termasuk kepada diri sendiri, maka hubungan Anda dengan diri sendiri, keluarga, lingkungan serta dengan Allah SWT kian harmonis.

Bulan ini sebagai latihan untuk menghindari aneka kemaksiatan dan dosa. Anda juga dilarang bertengkar dan melakukan peperangan di bulan ini. Ini dimaksudkan untuk menjaga kehormatan bulan haram.

Memperbanyak Istighfar

Memperbanyak istighfar akan membersihkan diri dari dosa, sekaligus memunculkan optimisme dan harapan. Seperti dilansir dari website Jatman, bulan ini lebih melatih Anda untuk introspeksi diri, memperbaiki diri, serta banyak mengingat Allah SWT. Bukan hanya istighar, Anda juga bisa memperbanyak tasbih, tahmid, tahlil dan zikir lainnya.

Memperbanyak Amalan Sunah dan Ketaatan

Bulan haram adalah bulan yang mulia dan penuh berkah. Sebagaimana besarnya penghormatan pada bulan Rajab ini, maka perbuatan baik ataupun buruk bisa dilipatgandakan ganjarannya. Anda bisa mengisi hari-harinya dengan banyak melakukan ibadah sunah seperti bersedekah, membaca Alquran, bersalawat dan banyak berzikir.

Berpuasa

Anda juga bisa berpuasa pada bulan Rajab. Sebab setelah Ramadan bulan yang paling baik untuk berpuasa adalah bulan haram. Selain itu memperbanyak berbuat kebajikan kepada orang lain agar mendidik dan melatih diri konsisten menjadi orang baik. Banyak juga amalan yang disusun ulama yang bisa Anda amalkan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Pempersiapkan Diri Meraih Lailatul Qadar

Untuk memperoleh malam yang lebih baik dari seribu bulan ini, Anda bisa menempa diri sejak bulan Rajab. Dengan menghindari kemaksiatan, menambah ketaaatan dan banyak melakukan kebajikan, Anda jadi terbiasa saat nanti memasuki bulan Ramadan. Dengan begitu, potensi kemungkinan untuk memperoleh malam lailatul qadar jadi lebih besar.

Namun yang lebih penting dari itu semua adalah adanya perubahan diri yang lebih baik melalui proses pembiasaan positif secara bijak, bertahap dan konsisten dari waktu ke waktu.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.