Pendapat Bupati Sumenep Terhadap Nota Penjelasan DPRD atas 4 Raperda

Avatar of PortalMadura.com
Pendapat Bupati Sumenep Terhadap Nota Penjelasan DPRD atas 4 Raperda
Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah (ist)

PortalMadura.Com, – Penyampaian pendapat bupati terhadap Nota Penjelasan atas 4 Rancangan Peraturan daerah (Raperda) usul prakarsa dewan dibacakan Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah pada sidang Paripurna, Kamis (3/2/2022).

Raperda tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah, Bupati Sumenep Achmad Fauzi berharap menjadi instrumen perencanaan pembangunan daerah yang bisa mengakomodir kearifan lokal dengan memiliki karakteristik kepulauan dengan tetap berpedoman pada sistem perencanaan nasional.

“Raperda ini diharapkan dapat menghasilkan rencana pembangunan jangka panjang, jangka menengah dan tahunan yang diselenggarakan oleh unsur penyelenggaran di daerah,” katanya.

Raperda tentang Perlindungan Garis Sempadan Pantai. Pada prinsipnya, mendukung karena wilayah pesisir rentan terhadap perubahan, sehingga perlu dilindungi melalui suatu kebijakan pengelolaan yang berkelanjuta guna menyeimbangkan tingkat pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) pesisir untuk kepentingan ekonomi tanpa mengorbankan generasi yang akan datang.

“Pemerintah daerah yang memiliki sempadan pantai wajib menetapkan batas sempadan pantai dalam peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah. Dan diharapkan penentuan sempadan pantai lebih terukur dan pelestariannya dapat terlindungi,” ujarnya.

Raperda tentang Penyelenggaraan Parkir, Bupati Fauzi juga mengakui jika pemerintah daerah tidak hanya fokus pada pendapatan retribusinya, namun harus diimbangi dengan pelayanan terhadap pengguna jasa parkir, penentuan ruas-ruas jalan yang menjadi zonasi parkir, sehingga pengaturan dalam penyelenggaraan parkir dapat berjalan dan mendukung arus lalu lintas menjadi lancar dan tidak terganggu dengan adanya parkir.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.