Umat Muslim, 8 Adab Berpakaian dalam Islam

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, 8 Adab Berpakaian dalam Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berpakain dengan islami baik laki-laki maupun perempuan memang diwajibkan dalam islam. Menutup aurat seperti halnya memakai pakain yang sesuai dengan syariat,

Maka dari itu, ketika ingin berpakain sebaiknya, seorang tersebut dianjurkan untuk mengikuti adab-adab yang diajarkan dalam islam.

Berikut ini adalah adab-adab berkenaan dengan berpakaian yang sepantasnya diketahui oleh seorang muslim. Dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (7/3/2020), dari laman Okezone.com. Bagaimana adab berpakaian tersebut?.

Dr Ahmad Hatta MA dan kawan-kawan, dalam buku Bimbingan Islam untuk Hidup Muslimah halaman 288-289:

1. Bersyukur atas nikmat pakaian yang Allah berikan dan menutupi tubuhnya dengan pakaian yang sesuai dengan kaidah Islam.

2. Memilih pakaian yang baik dan indah tetapi tidak berlebih-lebihan, sehingga tidak muncul kesombongan pada dirinya. Ketika ditanya apakah seseorang yang suka memakai pakaian yang bagus termasuk orang sombong, Rasulullah tidak membenarkan pandangan itu, seraya bersabda:

“Sesungguhnya, Allah itu indah dan menyukai keindahan. Kesombongan adalah menampik kebenaran dan menganggap remeh manusia”. (Muslim, 1/91)

3. Menggunakan pakaian yang bersih dan suci, tidak terbuat dari bahan najis, seperti kulit babi dan anjing, juga tidak mengenakan pakaian yang terkena najis karena akan menjadi kendala saat hendak salat.

4. Meneladani Rasulullah dengan mendahulukan tangan dan kaki kanan ketika hendak berpakaian.

Baca Juga : Inilah 2 Macam Iri Hati yang Diperbolehkan dalam Islam

5. Jika memakai pakaian baru, hendaklah memohon kepada Allah agar diberikan kebaikan dengannya dan terlindung dari keburukannya.

7. Memuji Allah atas karunia dan nikmat-Nya di saat mengenakan pakaian, yaitu dengan berkata:

“Alhamdulillahilladzi kasani hadza wa razaqanihi min ghairi haulin minni wa la quwwah”.

“Segala puji bagi Allah yang telah memakaikanku pakaian ini dan memberiku rezeki ini, tanpa daya dan kekuatan dariku” (Hakim, 1/1870, hadits shahih).

8. Ketika hendak melepaskan pakaian, mulai dari tangan dan kaki kiri, lalu mengucapkan; Bismilah, agar tidak terlihat auratnya oleh jin.

Rasulullah bersabda:

“Penghalang antara penglihatan jin dan aurat manusia ialah apabila salah satu di antara mereka melepaskan pakaiannya, mengucapkan, (Bismillah)” Tirmidzi. Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.