Umat Muslim, Baca Doa Ini Agar Terhindar Dari Siksa Api Neraka

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Baca Doa Ini Agar Terhindar Dari Siksa Api Neraka
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Betapa pedihnya siksa neraka memang ditakuti oleh banyak orang. Hal itu, bukan hanya ditakuti oleh umat , tetapi juga non muslim. Jika Anda ingin terhindar dari macam-macam siksaan api neraka seharusnya lebih giat lagi dalam mendekatkan diri kepada Allah dengan bertakwa dan melakukan banyak kebajikan.

Dikutip Dalamislam.com, Jumat (10/4/2020), dijelaskan dalam surah (QS. Al Mulk [67] : 6-11):

“Dan orang-orang yang kafir kepada Rabbnya, memperoleh azab Jahannam. Dan itulah seburuk-buruk tempat kembali. Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak, hampir-hampir (neraka) itu terpecah-pecah lantaran marah. Setiap kali dilemparkan ke dalamnya sekumpulan (orang-orang kafir), penjaga-penjaga (neraka itu) bertanya kepada mereka: “Apakah belum pernah datang kepada kamu (di dunia) seorang pemberi peringatan?” Mereka menjawab: “Benar ada”, sesungguhnya telah datang kepada kami seorang pemberi peringatan, maka kami mendustakan(nya) dan kami katakan: “Allah tidak menurunkan sesuatupun; kamu tidak lain hanyalah di dalam kesesatan yang besar”. Dan mereka berkata: “Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala”. Mereka mengakui dosa mereka. Maka kebinasaanlah bagi penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala” (QS. Al Mulk [67] : 6-11).

Selain amal ibadah, berdoa merupakan salah satu bentuk rasa syukur dan tawakal dalam Islam terhadap Allah agar terhindar dari siksa api neraka. Berikut ini doa agar terhindar dari siksa neraka yang dapat Anda amalkan. Firman Allah dalam Al Qur'an:

“Ya Tuhan kami, semoga Engkau berkenan men jauhkan kami dari azab (siksa) api neraka jahannam, karena azabnya itu sungguh membinasakan dan seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman” (QS. Al-Furqan [25] : 65-66).

Baca Juga: Umat Muslim, Ini 4 Orang Pertama yang Beragama Islam

Riyadh al-Shalihin 1423, dari Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah bersabda:

“Jika seseorang di antara kalian bertasyahud, maka hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari empat perkara. Ia mengucapkan (yang artinya): Ya Allah, sesungguhnya aku mohon perlindungan kepada-Mu dari siksa neraka Jahannam, dari siksa kubur, dari fitnah di waktu hidup dan setelah mati dan dari kejahatan fitnahnya al-masih Dajjal” (HR Muslim).Terdapat hadis yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dari Abu Hurairah, hadis no.1288. Riyadh al-Shalihin 1481. Dari Aisyah ra. bahwa Rasulullah berdoa dengan kalimat-kalimat yang artinya:“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah neraka dan siksa neraka, juga dari keburukan kekayaan dan kefakiran”.

(HR Abu Daud dan al-Tirmizi. al-Tirmizi berkata bahwa ini adalah Hadis hasan sahih). Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 789, 2222, 5891 dan 5898-5900; Muslim, hadis no. 4877; al-Tirmizi, hadis no. 3417.

Itulah beberapa doa agar terhindar dari siksaan berbagai jenis neraka dalam Islam. Semoga pembaca sekalian dapat dengan mudah memahami dan mengamalkan doa-doa tersebut (amin). Wallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.