Umat Muslim, Ini 10 Makanan Kesukaan Rasulullah Selain Kurma

  • Bagikan
Labu
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Rasulullah semasa hidupnya juga memiliki makanan favorit seperti halnya manusia yang lain. Salah satunya yang sudah banyak diketahui umat Islam, yaitu kurma. Alasan Rasulullah menyukai makanan ini, baik karena rasanya yang nikmat juga punya banyak manfaat.

Tidak heran, jika Rasulullah menyarankan umat Islam untuk juga mengonsumsi kurma. Namun selain makanan tersebut, ternyata ada beberapa makanan lainnya yang juga menjadi favorit

Berikut beberapa makanan kesukaan Rasulullah;

Anggur
Anggur merupakan buah yang banyak disebut dalam Alquran. Salah satunya dalam surat Ar-Ra’d ayat 4 yang artinya, “Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir”.

Disebutkan dalam ayat tersebut bahwa anggur memiliki kelebihan rasa dibanding buah lainnya. Selain itu buah anggur juga memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi peradangan, melancarkan peredaran darah, membersihkan perut, dan mencegah penyakit pikun.

Madu
Makanan kesukaan Rasulullah berikutnya ialah madu. Menurut beliau, madu adalah obat sekaligus rahmat. Rasulullah bersabda, “Demi Allah yang aku dalam genggaman-Nya, minumlah madu. Malaikat akan memohon rahmat pada penghuni rumah yang ada madu di dalamnya. Jika seseorang makan madu, seribu obat masuk ke perutnya dan sejuta penyakit keluar darinya

Labu
Menu makanan kesukaan Rasulullah lainnya adalah labu. Jenis tanaman merambat ini ternyata memiliki banyak keutamaan bahkan sampai disebut Sang Maha Pencipta di dalam Alquran. “Kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis labu” (QS Ash Shaffat).

Dari Anas, “Aku melihat Rasulullah dihidangkan semangkuk kuah berisi labu dan dendeng. Dan aku melihat beliau mencari labu di mangkuk itu dan memakannya” (HR.Bukhari dan Muslim).

Cuka
Makanan berikutnya, yaitu cuka. Jabir radhiallahu anha mengabarkan, Rasulullah pernah meminta kuah pada istri beliau. Namun beliau mendapat jawaban “Kami tidak memiliki apa-apa kecuali cuka”. Rasulullah meminta cuka itu, dan menggunakan cuka itu menjadi kuah. Kemudian beliau bersabda “Kuah yang paling enak adalah cuka.” “Karena itu aku selalu memberi cuka sejak aku mendengar hal itu dari Nabi” ungkap Jabir (HR Muslim dan empat ahli hadis lainya kecuali Nasa’i)

Jamur
Jamur dianggap sebagai anugerah yang istimewa oleh Rasulullah. Dari Said bin Zaid bin Amru bin Nufail berkata: “Aku pernah mendengar Nabi bersabda: ‘Jamur adalah sejenis Manna (satu anugerah yang sangat istimewa) dan dapat mengobati mata’”.

Delima
Buah delima disebut 3 kali dalam Alquran yang disukai oleh Rasulullah dan buah ini disebut sebagai buah dari surga. Dalam Surat Ar-Rahman ayat 68, Allah berfiman: “Di dalam keduanya (surga) juga ada buah-buahan dan pohon kurma dan delima”.

Semangka
Buah lainnya yang disukai Rasulullah adalah semangka. Diriwayatkan dari Aisyah, dia berkata, “Sesungguhnya Nabi -SAW- sering makan semangka disertai ruthab” (HR.at-Tirmidzy no.1843,dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843).

Rasulullah juga mengatakan wanita hamil bila mengonsumsi semangka tidak akan gagal melahirkan anak yang baik, karakter dan wajahnya.

Susu
Rasulullah pernah berkata bahwa susu dapat membersihkan racun dari organ hati seperti jemari menyapi keringat di kulit. Susu juga dapat menguatkan tulang belakang, meningkatkan fungsi otak, memperbaiki penglihatan dan menyembuhkan dari penyakit sering lupa. Bukan susu sapi, melainkan susu kambing yang Rasulullah sukai.

Rasulullah bersabda, “Akan tiba suatu masa di mana kambing adalah sebaik-baik harta bagi orang Islam. Orang Islam akan memeliharanya di puncak-puncak bukit dan di lembah-lembah, hidup terisolasi dari masyarakat demi memelihara agama dari ditimpa bencana”.

Daging Kambing
Seperti riwayat hadis di atas bahwasannya kambing adalah sebaik-baik harta bagi orang Islam. Selain susunya, Rasulullah juga menyukai dagingnya. Banyak riwayat dari para sahabat yang menceritakan tentang kegemaran Rasulullah SAW menyantap daging kambing tersebut. Misalnya riwayat dari Dhuba’ah binti Zubair dan Abu Hurairah.

Dhuba’ah binti Zubair menceritakan bahwa Ia pernah menyembelih seekor kambing. Ketika utusan Rasulullah SAW menemuinya, yang tersisa dari daging kambing itu hanya lehernya, sehingga Ia malu jika harus menghadiahkan kepada beliau. Utusan Rasulullah SAW kemudian menceritakan itu kepada Beliau. Lalu Beliau bersabda “Kembalilah kepadanya dan katakan, “Antarkan saja leher tersebut, karena itu adalah penunjuk kambing. Lebih dekat kepada kebaikan dan paling jauh dari penyakit” (HR Bukhari, Muslim dan Ahmad).

Buah Zaitun
Buah yang satu ini diketahui telah tumbuh sejak 8000 tahun yang lalu. Bukan hanya bermanfaat untuk kecantikan, buah zaitun juga dapat digunakan untuk mencegah berbagai jenis kanker, penyakit jantung, asma, dan memperbaiki penglihatan.

Itulah 10 makanan kesukaan Rasulullah. Setelah Anda mengetahui makanan kesukaan Rasulullah, jangan lupakan adab makan sesuai yang Rasulullah ajarkan ya. Wallahu A’lam. (ummi-online.com/Salimah)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.