Umat Muslim, Ini 3 Keutamaan yang Dimiliki Oleh Orang Miskin

Avatar of PortalMadura.com
orang miskin
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Miskin merupakan keadaan dimana seorang manusia yang memiliki nasib yang terbilang susah. Untuk mendapatkan penghasilan maupun utnuk makan serta menafkahi keluarganya.

Namun jangan salah, Miskin bukan sesuatu yang hina dimata Allah. Malah Allah SWT, selalu memuliakan orang-orang yang miskin. Mengapa bisa demikian? Mari kita bahas bersama.

Suatu ketika kaum miskin mengutus utusan kepada Rasullah untuk mengadukan perkara, kemudian ia berkata, “Wahai Rasulullah, aku adalah utusan dari orang- kepadamu.”

“Selamat datang engkau dan yang mengutusmu, engkau datang dari kaum yang dicintai Allah,” sambut Rasulullah dengan hangat sebagaimana tertulis dalam riwayat Anas bin Malik yang diriwayatkan oleh Abu Laist dalam kitab Tanbihul Ghafilin.

lalu sahabat itu lalu melanjutkan keluhannya, “Wahai utusan Allah, para orang miskin mengeluhkan sesungguhnya golongan orang kaya telah memborong semua amal baik, mereka mampu berhaji sedang kami tidak. Mereka mampu bersedekah, sedang kami tidak. Jika sakit mereka mengirim uang dari tabungan mereka.”

Rasulullah bersabda, “sampaikan kepada pesanku kepada orang-orang miskin barang siapa yang bersabar karena mengharap pahala, maka ia akan mendapatkan tiga macam yang tidak didapatkan orang-orang kaya”

Pertama, sesungguhnya di surga ada ruangan dari yaqut merah yang para penghuni surga memandang kepadanya seperti memandang bintang. Ruangan tersebut tidak bisa dimasuki kecuali oleh Nabi yang Miskin. orang syahid yang miskin dan orang mukmin yang miskin.

Kedua, orang-orang miskin lebih dulu masuk surga dari pada orang-orang kaya sekedar setengah hari yaitu kira-kira lima ratus Tahun lamanya, mereka lebih dulu bersenang-senang dalam surga. Sebagaimana Nabi Sulaiman bin Daud As yang masuk surga setelah para Nabi yang lain, kira-kira 40 Tahun setelahnya karena kerajaan yang diberikan oleh Allah SWT kepadanya di Bumi.

Ketiga, jika orang miskin melafalkan subhanallah wahamdulillah wala ilaaha illa allaha wallahu akbar dengan hati ikhlas dan orang kaya juga membacanya seperti itu juga, maka orang kaya tidak bisa mengejar orang fakir meskipun ditambah dengan sedekah 10 ribu dirham. Begitu juga amal kebaikan yang lainnya.

Namun, setelah ditelusuri salah satu perawi hadis tersebut ada yang hafalannya lemah yaitu Kharajah bin Mush'ab dan hadis di atas hanya memiliki satu jalur sanad, penulis belum menemukan sanad lain. Sehingga bisa dikatakan bahwa dejarat hadis di atas dhaif atau lemah.

Namun dalam hadis shahih riwayat Imam Bukhari disebutkan terkait keutamaan orang-orang miskin bahwa mereka adalah orang yang paling banyak mengisi surga sebagaimana Rasulullah bersabda

“Saya pernah berdiri di pintu surga, ternyata umumnya orang yang memasukinya adalah orang miskin. Sementara orang kaya tertahan dulu (masuk surga). Hanya saja, penduduk neraka sudah dimasukkan ke dalam neraka.” (HR. Bukhari&Muslim)

Nah itulah 3 keutamaan atau kemuliaan yang Allah SWT berikan pada orang-orang yang miskin. Walaupun hadis itu dhaif, tak apa. Jangan pernah lelah untuk berharap dan sabar kepada Allah SWT. Miskin bukan sesuatu yang hina. Jika kita tetap sabar dan berusaha, maka niscaya Allah akan selalu memberikan kita nikmat yang berkecukupan. Semoga bermanfaat, Wallahu a'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.