Umat Muslim, Ini 6 Keutamaan Bulan Syakban yang Jarang Diketahui

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Umat muslim, tak terasa kita sudah memasuki bulan Syakban yakni salah satu bulan yang penting dalam kehidupan orang Muslim. Bulan Syakban merupakan bulan yang mulia dan juga bulan ini adalah pintu menuju bulan Ramadhan. Syakba merupakan bulan kedelapan dalam kalender hijriah Islam. Dan siapa yang membiasakan diri bersungguh-sungguh dalam beribadah di bulan ini, ia akan akan menuai kesuksesan di bulan Ramadhan.

Awal kata Syakban, karena pada saat itu terpancar bercabang-cabang yang banyak (yatasya’abu minhu khairun katsir). Dengan kata lain, Syakban berasal dari kata ‘Syi’ab,’ yaitu “Jalan di sebuah gunung atau jalan menguntungkan.” Dalam bulan ini terdapat banyak kejadian dan peristiwa yang menarik dari kaum muslimin. Apa sajakah itu ? Yuk simak penjelasannya.

1. Pindah Kiblat

Pada bulan Syakban, Kiblat berpindah dari Baitul Maqdis, Palestina ke Kakbah, Makkah al Mukarromah. Nabi Muhammad SAW menanti-nanti datangnya perpindahan ini dengan harapan yang sangat tinggi. Setiap hari Beliau tidak lupa menengadahkan muka ke langit, menanti datangnya wahyu dari Rabbnya. Sampai akhirnya Allah SWT mengabulkan penantiannya. Kemudian, wahyu Allah SWT turun: “Sungguh Kami (sering) melihat mukamu menengadah ke langit, maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke kiblat yang kamu sukai. Palingkanlah mukamu ke arah Masjidil Haram. Dan di mana saja kamu berada, palingkanlah mukamu ke arahnya.” (QS. Al Baqarah: 144)

2. Diangkatnya Amal Manusia

Salah satu keistimewaan bulan Syakban adalah waktu diangkatnya amal-amal manusia pada bulan ini ke langit. Dari Usamah bin Zaid ra mengatakan: “Saya berkata: ‘Ya Rasulullah, saya tidak pernah melihatmu berpuasa dari bulan-bulan yang ada seperti puasamu di bulan Syakban. Maka beliau bersabda: Itu bulan yang manusia lalai darinya antara Rajab dan Ramadhan. Dan merupakan bulan yang di dalamnya diangkat amalan-amalan kepada rabbul alamin. Dan saya menemukan amal saya diangkat, sementara saya dalam keadaan berpuasa.” (HR. Nasa’i)

3. Keutamaan Puasa di Bulan Syakban

Rasulullah pernah ditanya oleh seorang sahabat, “Adakah puasa yang paling utama setelah Ramadhan?” Rasulullah SAW menjawab, “Puasa bulan Syakban karena berkat keagungan bulan Ramadhan.” Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata: “Adalah Rasulullah SAW berpuasa sampai kami katakan dia tidak pernah berbuka. Dan dia berbuka ke arah katakan kami tidak pernah berpuasa. Saya tidak pernah melihat Rasulullah menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadhan. Dan saya tidak pernah melihat dia lebih banyak daripada bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud).

Sepintas dari Hadits di atas, puasa bulan Syakban lebih penting dari pada puasa bulan Rajab dan bulan-bulan mulia (asyhurul hurum) lainnya. Padahal Abu Hurairah telah mengumumkan sabda dari Rasulullah SAW, “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan-bulan mulia (asyhurul hurum).”

Menurut Imam Nawawi, hal tersebut terjadi karena keutamaan puasa pada bulan-bulan mulia (asyhurul hurum) ) yang baru ditemukan oleh Rasulullah di akhir hayatnya sebelum dia menjalaninya, atau pada saat itu dalam keadaan udzur (tidak bisa melaksanakannya) karena mabuk atau sakit.

Sesungguhnya Rasulullah SAW berpuasa pada bulan Syakban adalah untuk mengagungkan bulan Ramadhan. Diberikan puasa bulan Syakban itu tak ubahnya seperti menjalankan salat sunah rawatib sebelum salat maktubah. Dengan demikian, puasa Syakban adalah sebagai media praktik sebelum menjalankan puasa Ramadhan.

4. Turun Ayat Shalawat Nabi

Salah satu keutamaan bulan Sya’ban adalah diturunkannya ayat tentang anjuran membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW pada bulan ini, yaitu: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya-bershalawat kepada Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan manual.” (QS. Al Ahzab; 56)

5. Syakban, Bulan Al-Quran

Bulan Syakban dinamakan juga bulan Al-Quran, termasuk dalam beberapa atsar. Membaca Al-Quran memang selalu dianjurkan di setiap saat dan tempat, namun ada saat-saat tertentu pembacaan Al-Quran yang lebih seperti di bulan Ramadhan dan Syakban, atau di tempat-tempat khusus seperti Mekah, Roudloh dan lain sebagainya.

Syeikh Ibn Rajab al Hambali meriwayatkan dari Anas, “Kaum muslimin kompilasi bulan Syakban, mereka menekuni pembacaan ayat-ayat Al-Quran dan mengeluarkan zakat untuk membantu orang-orang yang lemah dan miskin agar mereka dapat melakukan ibadah puasa Ramadhan.”

6.Malam Nishfu Syakban

Pada bulan Syakban sedang malam yang mulia dan penuh berkah seperti malam Nishfu Syakban. Di awal bulan ini Allah SWT mengampuni orang-orang yang meminta ampunan, utama orang-orang yang meminta belas kasihan, mengabulkan doa orang-orang yang berdoa, mengambil kesusahan orang-orang yang susah, memerdekakan orang-orang dari api neraka, dan mencatat bagian rizki dan amal manusia.

Banyak Hadits yang menerangkan keistimewaan Nishfu Syakban ini, meskipun di situ ada yang dlo’if (lemah), namun Al Hafidh Ibnu Hibban telah menunjukkan kesahihan beberapa hadits tersebut.

Nabi Muhammad SAW bersabda, ”Allah melihat ke semua makhluknya di malam ini, Nishfu Syakban dan Dia mengampuni mereka semua kecuali orang yang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR. Thabarani dan Ibnu Hibban). [H. Ahsan Gozali]

Demkian keutamaan dan keistimewaan bulan Syakban yang jarang kita ketahui. Semoga informasi di atas menambah khazanah kita dan lebih mendekat lagi ke Allah SWT. (islampos.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.