oleh

Umat Muslim, Ini 8 Hak Orang Tua pada Anak yang Wajib Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Bagi umat muslim, tentunya pernah mendengar kalimat yang mengatakan bahwa “Rida Allah tergantung pada rida orang tua dan murka Allah tergantung pada murka orang tua”. Ini merupakan hak orang tua yang perlu Anda pelajari, karena posisi orang tua sangatlah mulia.

Orang tua sudah mendidik Anda dengan penuh kasih sayang, bagaimanapun caranya ia rela melakukan apa saja untuk membahagikan Anda. Oleh sebab itu, Allah SWT memerintahkan untuk selalu berbuat baik pada kedua orang tuanya. Bukan hanya seorang anak yang memiliki hak kepada orang tua tapi sebaliknya ibu bapak Anda juga memiliki hak pada anaknya.

Lantas, apa saja hak orang tua?. Berikut ini adalah hak orang tua yang bisa Anda praktekan untuk menggapai rida Allah sehingga hidup menjadi berkah:

Menuruti Semua Keinginan Orang Tua Selama Tidak Melanggar Syariat
Dan Rabb-mu telah memerintahkan agar kamu jangan beribadah melainkan hanya kepada-Nya dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, ‘Ya Rabb-ku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil” (Al-Israa’ : 23-24).

Dalam ayat ini jelas bagaimana Anda memiliki kewajiban untuk menaati semua permintaan mereka. Termasuk jika orang tua Anda menginginkan sesuatu yang memiliki nilai, misal orang tua Anda berkeinginan memiliki sebuah sepatu, maka Anda berusaha semampunya untuk mewujudkan hal tersebut.

Mendoakan Orang Tua
Hal ini pun sangat jelas dan Allah jelaskan kepada Anda, dimana di dalam Alquran Allah berfirman “Dan ucapkanlah, ‘Wahai Tuhanku, kasihilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mendidikku (di) waktu kecil” (QS. Al-`Israa` [17]: 25).

Mendoakan orang tua wajib Anda lakukan setiap saat, minimal setelah selesai salat. Jika orang tua Anda sudah meninggal, maka Anda wajib mendoakan agar Allah berikan nikmat kubur dan melapangkannya, karena doa anak saleh merupakan amal jariyah yang tiada terputus “Apabila manusia meninggal dunia, maka terputus amalannya, kecuali tiga perkara: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak salih yang mendoakannya” (HR. Muslim: 1631).

Diperlakukan dengan Hormat


Tirto.ID
Loading...

Komentar