oleh

Umat Muslim, Ini Hukum Aqiqah Dalam Islam yang Perlu Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak, biasanya umat muslim menggelar acara aqiqah. Kebiasaan itu dirayakan dengan menyembelih kambing yang berbeda jumlahnya antara anak laki-laki dan perempuan.

Bagi anak laki-laki yang baru lahir jumlah kambing yang harus disembelih yaitu 2 ekor berbeda dengan anak perempuan yakni 1 ekor. Namun, bagaimana hukum aqiqah menurut pandangan islam?

Pendapat Ulama tentang Aqiqah
Ada beberapa pendapat tentang hukum aqiqah dari beberapa ulama seperti wajib, sunnah mu’akkad serta sunnah.

Berikut penjelasannya;

Antara Sunnah dan Wajib
Jumhur atau kebanyakan berpendapat jika aqiqah hukumnya adalah sunnah dan sebagian lagi adalah wajib dengan alasan berhubungan langsung dengan sembelih merupakan hal penting. Selama seseorang mampu melaksanakan aqiqah, maka harus segera dilaksanakan pada hari ke-7 merupakan jawaban terbijak.

Berdasarkan Hadits Yang Shohih
Hukum aqiqah menurut pendapat yang terkuat adalah sunnah muakkadah yang merupakan pendapat jumhur ulama berdasarkan hadits, ada juga ulama yang memberikan penjelasan jika aqiqah adalah penebus yang artinya aqiqah menjadi pertanda terlepasnya dari kekangan jin yang ada bersama bayi sewaktu lahir.

Aqiqah Sunnah Ditunaikan Untuk Anak
Rasulullah bersabda. “Semua bayi tergadaikan dengan aqiqah-nya yang pada hari ketujuhnya disembelih hewan (kambing), diberi nama, dan dicukur rambutnya.” [Shahih, HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan lain-lainnya].

Semua umat muslim tentunya sudah tidak asing dengan amalan dari aqiqah yang adalah butiran sunnah yang sudah menjadi tradisi bagi seluruh umat muslim di berbagai belahan dunia sehingga sunnah ini tidak akan punah termakan oleh waktu.

Hukum Aqiqah Diwajibkan
Ada sebagian muslim yang mewajibkan amalan aqiqah ini sebab menyambut kehadiran anak adalah satu hal yang sangat penting khususnya bagi mereka yang mampu dalam segi finansialnya maka sangat diutamakan untuk melaksanakan aqiqah. (dalamislam.com/Desy)


Tirto.ID
Loading...

Komentar