Umat Muslim, Ini Hukum Mendengarkan Musik saat Masuk Bulan Ramadhan

Avatar of PortalMadura.com
mendengarkan musik
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci ramadhan. Nah, langsung saja kepada pembahasan seperti yang tertera dijudul. Bagi sebagian orang merupakan suatu hal yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Kebanyakan orang-orang didunia ini memiliki hobi atau kecintaan pada musik, sehingga pada kegiatan dan kapanpun itu ia selalu menyetel atau entah untuk menyemangati hari-harinya atau sekedar rileksasi atau bahkan untuk mengobati hati yang sedang terluka.

Namun seperti yang kita ketahui permasalahan mendengarkan musik ini menjadi masalah yang sebenarnya bisa dibilang simpang siur. Ada yang mengharamkannya ada juga yang membolehkannya. Lalu bagaimana penjelasan para ulama saat menyetel atau mendengarkan musik saat bulan ramadhan ataupun dihari-hari biasa? Mari kita bahas bersama.

Di antara ulama yang membolehkan bermain dan mendengarkan musik adalah imam Alharamain, Alghazali, Abu Bakar bin Al'arabi dan imam Arrafi'i. Bahkan dalam kitab Alfiqhul Islami Wa adillatuhu, Syaikh Wahbah Azzuhaili mencantumkan perkataan Al'iz bin Abdissalam bahwa ada sekolompok sahabat Nabi SAW. para tabiin dan para imam mujtahid yang menghalalkan bermain dan mendengarkan musik.

Al'iz bin Abdissalam berkata : “Adapun kecapi dan alat-alat yang menggunakan dawai (tali senar : jawa) seperti halnya rebab dan qonun, maka menurut pendapat yang masyhur dalam mazhab empat adalah haram memainkan dan mendengarkannya. Sedangkan menurut pendapat yang lebih shahih, hanya termasuk sebagian dari dosa kecil. Akan tetapi sejumlah ulama dari kalangan sahabat, para tabiin maupun sejumlah imam mujtahid berpendapat bahwa memainkan dan mendengarkan alat musik ini dibolehkan.”

Dalam kitab Ihya Ulumiddin, imam Alghazali menegaskan bahwa tidak ada satu pun nash Al-quran maupun hadis Nabi Saw yang secara jelas menghukumi musik. Memang ada hadis yang menyebutkan larangan bermain alat musik tertentu, misalnya seruling. Hanya saja larangan tersebut tidak ditujukan kepada alat musiknya, tetapi karena alat musik tersebut dimainkan di tempat-tempat maksiat sebagai pengiring pesta minuman keras.

Menurut imam Alghazali, mendengarkan musik sama seperti mendengarkan suara benda mati atau suara hewan. Adakalanya saura tersebut mengandung pesan kebaikan, maka halal dan boleh mendengarkan. Sebaliknya, jika suara tersebut mengandung pesan yang tidak baik, maka mendengarkannya dilarang. Tetapi larangan tersebut bukan karena alat musiknya, tetapi karena kandungan pesan yang tidak baik tersebut.

Imam Bukhari dalam kitab Shahih Albukhari, mencantumkan sebuah hadis yang menunjukan kebolehan bermain musik atau nyanyian karena Nabi Saw. pernah meminta Sayidah Aisyah untuk menghadirkan seorang penyanyi dalam sebuah pernikahan orang Anshar. Di Madinah, kaum Anshar terbiasa mendengarkan nyanyian dan mereka senang ketika mendengarkan nyanyian. Hadis dimaksud berasal dari Sayydah Aisyah;

“Sayidah Aisyah pernah menikahkan seorang perempuan dengan pemuda dari kalangan Anshar. Kemudian Nabi SAW. berkata kepada Sayidah Aisyah, ‘Wahai Aisyah! Adakah bersama kalian nyanyian karena kalangan Anshar kagum dengan nyanyian.”

Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa bermain dan mendengarkan musik hukumnya boleh apabila tidak disertai dengan perbuatan maksiat seperti pesta minuman keras dan lain sebagainya. Dan kebolehan ini berlaku baik selain bulan Ramadan maupun di bulan Ramadan itu sendiri. Tidak ada larangan khusus dari Al-quran maupun dari Nabi SAW. mengenai mendengarkan musik di bulan Ramadan atau pun dihari-hari biasa. Sehingga dengan demikian, mendengarkan musik di bulan Ramadan tidak membatalkan puasa atau mengurangi kesempurnaan puasa.

Maka dari itu, Intinya adalah selama musik didengarkan atau dimainkan tanpa niat melakukan maksiat atau mendengarkannya ditempat maksiat, Hal tersebut tidak apa untuk dilakukan. Semoga bermanfaat sobat muslim, Wallahu a'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.