oleh

Umat Muslim, Ini Jenis Rezeki yang Harus Kalian Ketahui

PortalMadura.Com – Rezeki merupakan pemberian dari Allah SWT. Setiap manusia memiliki rezeki dan bagiannya masing-masing, dan tentunya hal tersebut datangnya dari Allah SWT. Kita tahu, bahwasanya bentuk rezeki tidak hanya berupa materi atau uang saja, kesehatan misalnya.

Rezeki yang diturunkan oleh Allah SWT tidak pernah salah tempat dan salah sasaran, karena sebagai umat muslim kita sudah mengetahui bahwasanya Segalanya sudah diatur. Termasuk Rezeki, jodoh,serta kematian kita. Berikut ini beberapa jenis rezeki yang harus kalian ketahui.

Pertama, rezeki yang datang secara langsung dari Allah Swt. Rezeki tersebut sudah bersifat permanen dan mutlak atas kehendakNya, yang tidak dapat dinegosiasi. Hal tersebut berkenaan dengan firman-Nya,

“ Dan tidak satupun makhluk yang bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semua dijamin oleh Allah rezekinya” (Q.S. Hud: 6).

Dengan adanya ayat di atas, menunjukkan bahwa rezeki memang telah dijamin oleh Allah Swt. Adapun besar kecilnya sudah mutlak atas kebijakanNya.

Kedua, rezeki karena sebab usaha. Selain mengandalkan rezeki yang telah ditetapkan oleh-Nya dengan bertawakal, kita sebagai makhluk yang diberi kemampuan oleh-Nya juga dianjurkan untuk berusaha, karena jika kita ditakdirkan oleh Allah untuk berusaha, berarti Allah sudah menyiapkan hal yang terbaik untuk kita. Hal tersebut sebagaimana firman-Nya:

“Dan bahwasanya manusia itu tidak memperoleh apa-apa, kecuali yang mereka telah usahakan” (Q.S. An-Najm: 39).

Loading...

Maksudnya ialah, apabila Allah menakdirkan kebajikan pada manusia ia akan berusaha taat padaNya. Bila menakdirkan keburukan, manusia berusaha maksiat padaNya. Begitu juga jika Dia menakdirkan untuk menjadi orang yang sukses, maka ia takdirkan sebagai orang yang rajin dalam bekerja dan berusaha.

Ketiga, rezeki karena sebab pernikahan. Menikah memang sebuah awal dari sebuah kehidupan yang baru, karena dengan adanya pernikahan kehidupan kita secara otomatis akan berubah. Yang asalnya tidak memikirkan kebutuhan ekonomi, setelah menikah kita dituntut untuk memberikan nafkah untuk anak dan istri.

Oleh karena itu, banyak orang yang memilih menikah ketika sudah mendapatkan pekerjaan tetap. Namun di balik itu semua Allah Swt. telah menyiapkan rezeki guna untuk memenuhi kebutuhan mereka yang telah menikah, sebagaimana terdapat dalam Alquran:

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui” (Q.S. An-Nur: 32).

Jadi orang yang menyegarakan diri untuk menikah apabila sudah siap itu sama saja membuka pintu rezekinya yang lain.

Nah, itulah beberapa macam atau jenis rezeki yang harus kita ketahui sebagai umat muslim. Jadi, jangan khawatir lagi tentang persoalan rezeki ya. Selama kita berusaha dan tawakal kepada-Nya, Insya Allah akan Allah datangkan dengan cepat kenikmatan untuk kita. Semoga bermanfaat, Wallahu a’lam.


Rewriter : Agnes Hafilda Kusuma
Sumber : bincangsyariah.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar