Umat Muslim, Rasulullah Anjurkan Baca Doa Ini Saat Bangun Tidur

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Rasulullah Anjurkan Baca Doa Ini Saat Bangun Tidur
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bangun tidur lebih awal dari azan subuh berkumandang merupakan kebiasaan yang dilalukan Rasulullah setiap harinya. Hal tersebut juga bisa jadi salah satu amalan yang disunahkan bagi umat islam.

Salah satu keutamaan bangun tidur sbelum adzan yaitu “Bangun tidur lebih pagi adalah salah satu amaliah yang dicintai Rasulullah, dan bagian kesunahan yang penuh makna, hikmah, dan manfaat” tutur wakil ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin.

Ketika bangun tidur sebelum matahari terbit, Rasulullah selalu berdoa. Doa yang ia panjatkan yaitu. Dilansir dari Okezone.com, Selasa (14/4/2020):

Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur

Artinya “Segala puji bagi Allah yang telah membangunkan kami setelah menidurkan kami dan kepada-Nya lah kami dibangkitkan” (HR. Bukhari no. 6325).

Selain itu, Anda bisa juga membaca doa ini ketika bangun tidur:

Allahumma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

Artinya “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah).

Setelah bangun tidur dan berdoa, kemudian Rasulullah bersiap-siap pergi ke masjid untuk melaksanakan salat subuh berjamaah. “Jaminan cahaya kemenangan dan keselamatan di hari kiamat atas ganti keistiqomahan gelapnya waktu subuhnya menuju masjid” terangnya.

Diriwayatkan dalam hadis, Rasulullah bersabda:

Artinya “Dari Buraidah al-Aslami radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang berjalan pada saat gelap menuju masjid, dengan cahaya yang sempurna pada hari Kiamat” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi). Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.