oleh

Unicef: Dampak Covid-19 akan Dirasakan Anak Indonesia Dalam Waktu Lama

PortalMadura.Com – Anak-anak Indonesia diperkirakan akan merasakan dampak pandemi Covid-19 selama beberapa tahun kedepan, karena wabah ini mengganggu stabilitas pendapatan keluarga. Laporan terbaru dari organisasi perlindungan anak PBB, Unicef.

“Krisis kesehatan bisa jadi krisis yang lebih luas sehingga menghambat, bahkan memundurkan kondisi anak yang sudah dicapai Indonesia melalui kerja keras bertahun-tahun,” ujar perwakilan Unicef Debora Comini dalam siaran pers, Senin (11/5/2020).

Menurut Unicef, pandemi ini telah berdampak pada stabilitas pendapatan keluarga di Indonesia, mereka tidak masuk dalam sistem jaminan sosial yang menyasar masyarakat miskin ekstrem.

“Kehilangan pekerjaan dan pendapatan secara mendadak dapat memicu situasi kemiskinan bagi jutaan anak,” ujar Debora.

Kondisi ini, menurut dia pemenuhan kinerja gizi, pendidikan, dan perlindungan anak.

Menurut laporan tersebut, sebelum pandemi, Indonesia telah menghadapi beban malnutrisi dalam tiga bentuk -kurang gizi, kelaparan tersembunyi akibat kekurangan nutrisi esensial, dan kelebihan berat badan pada kelompok balita.

Kondisi ini dapat berkembang kian buruk seiring dengan hilangnya pendapatan dan terbatasnya akses kepada makanan sehat.

“Jadi bukan hanya stunting yang meningkat, tapi prevalensi obesitas pun naik karena konsumsi makanan ultra olahan dengan kandungan gula, garam, dan lemak yang tinggi,” katanya.

Selain itu hampir 60 juta anak Indonesia tidak dapat bersekolah.

Unicef merekomendasikan agar pemerintah mendukung keluarga untuk memenuhi kebutuhan dan mengasuh anak dengan memperluas cakupan dan manfaat jaminan sosial.

Selain itu perlu juga menyosialisasikan standar pemenuhan gizi baik baik remaja, perempuan usia subur, ibu hamil dan menyusui, dan balita.(*)

Sumber : AA
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar