oleh

Waspada, Bunda! Ini 9 Kesalahan dalam Mengasuh Anak Balita yang Jarang Anda Sadari

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti sangat bahagia melihat anak balitanya aktif, sangat lucu, dan menggemaskan. Sayangnya, terkadang ada saat-saat mereka sangat menjengkelkan dan orang tua ingin menghukumnya.

Padahal, anak balita bukan seperti mainan yang datang dengan buku manual dan cara pengoperasian. Menjadi orang tua, seperti sering diucapkan oleh orang bijak, adalah pekerjaan yang tidak pernah ada hentinya. Untuk itu, mendidik anak agar memiliki akhlak baik merupakan tugas dan tanggung jawab orang tua.

Berikut sembilan kesalahan orang tua yang umum dilakukan kepada anak balitanya:

Tidak Konsisten
Pernah menyaksikan program Nanny 911 atau Super Nanny?. Terlihat betapa sulitnya si kecil diajak kerja sama dan sulitnya mereka menurut jika Anda tidak konsisten dengan perkataan?. Ya, anak balita harus mulai belajar mengenai konsekuensi sejak awal.

Anak harus mengetahui apa yang akan didapatkan jika tidak pergi mandi atau tidur pada waktu yang seharusnya. Semakin konsisten dan bisa ditebak apa yang akan anak alami jika peraturan tidak dipatuhi, semakin mudah si kecil diajak kerja sama.

Maka, buatlah rutinitas yang tetap untuk si anak. Membuat konsistensi untuk orang tua atau pengasuh anak bisa menjadi tantangan yang amat sulit. Upayakan untuk tidak mencoba melakukan negosiasi dengan anak. Ragu-ragu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi anak yang membandel dan tidak menuruti aturan?. Duduklah bersama pasangan Anda sejak awal dan bicarakan bagaimana merespon anak yang tidak mematuhi peraturan agar si anak tidak mendapat pesan yang salah dan mengadu domba orang tuanya.

Terlalu Fokus pada Waktu Keluarga

Komentar