oleh

Waspada Sarang Kuman, 7 Bagian Tubuh Ini Sering Terlupakan Ketika Mandi

PortalMadura.Com – Mandi menjadi aktivitas yang tidak bisa dilewatkan hampir setiap orang. Dengan mandi, akan membuat tubuh menjadi segar. Selain itu, mandi juga bagian dari proses membersihkan diri dari segala kuman dan bakteri yang menempel pada tubuh.

Umumnya seseorang menggunakan sabun dan air agar tubuh menjadi bersih dan wangi. Tapi, ada bagian tubuh yang kadang terlewatkan oleh sebagian orang untuk dibersihkan, entah karena terburu-buru, memang sengaja atau lupa. Padahal apabila dibiarkan, lama-kelamaan bisa menjadi sarang kuman dan bakteri.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Apa saja bagian tubuh itu?. Berikut daftarnya:

Kaki
Bagian tubuh yang sering terlewatkan saat mandi adalah bagian kaki. Mungkin karena letaknya berada di bawah, sehingga terkadang Anda lupa utuk membersihkannya.

Bagian tubuh yang satu ini padahal merupakan bagian yang sering terkena debu, terutama bagian telapak kaki. Sebaiknya Anda selalu membersihkan bagian kaki dengan sabun, dan jika diperlukan Anda bisa menggosoknya dengan sikat yang lembut.

Pusar
Pusar adalah bagian tubuh berikutnya yang sering terlewatkan bahkan kadang tidak dibersihkan karena berfikir tidak perlu dibersihkan. Padahal, jika tidak dibersihkan dengan benar, pusar akan menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman. Jika kuman dan bakteri sudah berkembang biak, maka akan menyebabkan bau yang tidak enak bahkan infeksi kulit.

Telinga
Bagian tubuh selanjutnya yang sering terkewatkan saat mandi adalah telinga, terutama di bagian belakang telinga. Kelenjar subaceous atau kelenjar minyak yang ada di bawah kulit bagian belakang telinga menghasilkan sebum untuk menjaga kulit telinga tetap lembab. Sebum inilah yang menarik kotoran dan bakteri yang akan berkumpul di bagian belakang telinga.

Pangkal Paha
Area pangkal paha atau sekitar selangkangan memiliki banyak lipatan dan umumnya juga mudah berkeringat. Bagian yang mudah berkeringat pasti akan mudah memicu berkembang biaknya kuman dan bakteri. Membersihkan bagian sekitar selangkangan adalah hal yang harus Anda lakukan agar terhindar dari infeksi kulit seperti gatal-gatal.

Ketiak
Keringat yang berlebihan pada ketiak akan menyebabkan bau yang tidak sedap dan mengganggu aktifitas. Bau ini disebabkan oleh bakteri dan kuman yang berkembang biak karena keadaan ketiak yang berkeringat dan lembab. Maka dari itu, disarankan untuk selalu membersihkan ketiak saat mandi, dan jika diperlukan menggunakan deodoran juga bagus untuk mencegah Anda.

Baca Juga : Jangan Sepelekan, Ini 4 Aturan Mandi yang Benar

Punggung
Salah satu bagian tubuh yang juga sering terlewatkan saat mandi adalah bagian punggung. Bagian ini tidak terlihat oleh mata, sehingga untuk membersihkannyapun terkadang merasa malas dan cukup susah. Anda bisa menggunakan alat bantu berupa sikat mandi yang lembut untuk membersihkan bagian punggung.

Leher Bagian Belakang
Sama halnya dengan punggung, leher bagian belakang juga tidak bisa terlihat oleh mata. Sehingga terkadang terlewatkan saat mandi. Bagian ini sebenarnya menjadi bagian yang sering terkena keringat dan kotoran dari udara bebas karena tidak tertutup oleh pakaian. Maka dari itu, Anda harus membersihkan leher bagian belakang agar tidak menjadi sarang kuman dan bakteri

Itulah beberapa bagian tubuh manusia yang sering terlewatkan saat mandi. Jika tidak dibersihkan, bagian-bagian ini akan menjadi sarang kuman dan bakteri, pada akhirnya akan menyebabkan berbagai penyakit terutama penyakit kulit.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar