WNI Sanderaan Abu Sayyaf Tewas

Avatar of PortalMadura.com
WNI sandera Abu Sayyaf tewas
ILUSTRASI. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyambut para warga indonesia yang dibebaskan dari kelompok pemberontak Filipina, Abu Sayyaf, saat tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada 13 Mei 2016. ( Dasril Roszandi - Anadolu Agency )

PortalMadura.Com, – Pemerintah mengungkapkan WNI bernama Hariadin yang disandera kelompok meninggal di perairan Pulau Simisa, Provinsi Sulu, Filipina Selatan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan Hariadin meninggal akibat tenggelam di laut setelah terbebas dari penyanderaan.

“Sementara itu, (sandera lainnya) Heri Ardiansyah dapat diselamatkan,” jelas Arrmanatha. dilaporkan Anadolu Agency, Minggu (7/4/2019).

Dia menambahkan, Hariadin dan Heri Ardiansyah, berenang ke Pulau Bangalao guna menghindari baku tembak antara Angkatan Bersenjata Republik Filipina (AFP) dan Abu Sayyaf.

Pemerintah Indonesia, kata Arrmanatha, mengungkapkan duka cita mendalam kepada keluarga Almarhum Hariadi.

Dia juga mengatakan Kementerian Luar Negeri telah berkomunikasi dengan keluarga kedua WNI di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, dan di Sandakan, Malaysia, untuk mengabarkan peristiwa tersebut.

Rencananya, lanjut Arrmanatha, Heri Ardiansyah dan jenazah Hariadin akan tiba hari ini di pangkalan militer Westmincom di Zamboanga City untuk diserahterimakan kepada wakil Pemerintah Indonesia.

Selanjutnya Pemerintah Indonesia akan memulangkan keduanya ke Indonesia.

Arrmanatha menambahkan sejak akhir Februari 2019, Divisi 11 AFP yang didukung oleh Tim BAIS TNI melakukan operasi pembebasan sandera dan terus memberikan tekanan kepada para penyandera.

Perkembangan terakhir, ujar Arrmanatha, para penyandera terdesak di Pulau Simisa, Provinsi Sulu, Filipina Selatan.

Kelompok bersenjata Abu Sayyaf menyandera Heri Ardiansyah, Hariadin dan warga Negara Malaysia Jari bin Abdullah dari kapal nelayan SN259/4/AF di perairan Kinabatangan, Sandakan, Malaysia, pada 6 Desember 2018.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.