3 Faktor Doa Anda Sulit Dikabulkan

Avatar of PortalMadura.com
3 Faktor Doa Anda Sulit Dikabulkan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Doa merupakan salah satu usaha yang dilakukan setiap orang muslim untuk berharap sesuatu kepada Allah supaya apa yang diinginkan terkabulkan. memang termasuk salah satu rahasia Allah SWT. Terkadang ketika Anda berdoa, Allah langsung mengabulkannya, dan ada pula doa-doa Anda yang belum dikabulkan.

Ada tiga macam doa yang sulit untuk dikabulkan, dilansir dari republika.co.id yang mengutip dari Direktur Aswaja Center Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Ma'ruf Khozin. Berikut penjelasannya:

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda:

“Doa kalian akan dikabulkan selama tidak berdoa (1) dengan dosa (2) memutus kekerabatan (3) tergesa-gesa. Dia akan berkata “Aku sudah berdoa tapi tidak dikabulkan” akhirnya dia meninggalkan doa” (HR Bukhari dalam Al Adab Al Mufrad).

Selain tiga jenis doa yang dikabulkan di atas, menurut pendapat Kiai Ma'ruf, maka doa yang akan dikabulkan Allah dengan tiga cara.

Baca Juga : Khasiat Berdoa dengan Sungguh-sungguh Menurut Hadis

Dari hadis Abu Sa'id Al Khudri dari Nabi SAW bersabda “Tidak seorang Muslim yang berdoa, selama tidak berdoa dengan dosa dan memutus kekerabatan, kecuali Allah mengabulkan dengan (1) disegerakan Dikabulkan/sesuai permintaan (2) Allah simpan dan diberikan di akhirat (3) Allah ganti dengan menghindarkan keburukan baginya yang setara dengan doanya”.

Lalu sahabat bertanya “Kalau begitu kita memperbanyak doa?” Nabi menjawab: “Allah akan lebih banyak mengabulkan” (HR Bukhari dalam Al Adab Al Mufrad).

“Saya sendiri jika berdoa sesuatu namun seolah belum dikabulkan, maka saya berprasangka baik kepada Allah”, tutur dia dalam keterangannya.

Menurut Kiai Ma'ruf, diberikan keluarga yang tentram dan sehat, rezeki berkah, lingkungan orang-orang baik adalah perwujudan dari pemberian Allah. “Sebab kesemuanya itu adalah nikmat yang boleh jadi kita sendiri lupa meminta seperti itu,” kata dia.

Kiai Ma'ruf menukilkan nasihat Ibnu Athaillah As Sakandary, dalam kitabnya Al Hikam berikut, “Ditundanya pemberian dari Allah sementara engkau telah menggebu-gebu dalam berdoa, jangan menjadikanmu berputus asa. Allah menjamin mengabulkan doa untukmu sesuai pilihanNya, bukan pilihanmu. Di waktu yang Dia kehendaki, bukan di waktu yang kau kehendaki”. Waallahu A'lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.