Ada Apa dengan Jumat Wage

Avatar of PortalMadura.Com
Ada Apa dengan Jumat Wage
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang Jawa masih percaya dengan hari-hari tertentu dan disebutnya hari yang sakral. Bahkan, hal tersebut diungkapkan dalam kitab primbon Jawa.

Konon, pada hari-hari tertentu itu memiliki aura magis yang kuat. Sehingga tak jarang digunakan oleh masyarakat Jawa untuk melangsungkan ritual-ritual khusus, seperti pesugihan.

Hari-hari tertentu itu, salah satunya . PortalMadura.Com, Kamis (14/9/2023) mengutip Intisari Online disebutkan, bahwa malam Jumat Wage merupakan hari yang sakral, bahkan juga digunakan untuk melangsungkan ritual.

Misalnya di Gunung Kemukus, Jawa Tengah, yang dikenal masyarakat luas sebagai tempat pesugihan yang ritualnya dilaksanakan pada setiap Jumat Wage.

Pada malam tersebut banyak orang datang ke makam di Gunung Kemukus untuk melakukan ritual. “Ritual yang paling terkenal adalah untuk mencari pesugihan,” sebut Intisari Online.

Sumber lain menyebutkan, dalam tradisi Jawa, weton Jumat Wage dianggap sebagai hari yang memiliki makna dan keistimewaan tertentu.

Jumat Wage dipercaya bahwa orang yang lahir pada weton Jumat Wage memiliki energi yang kuat dan berpotensi sukses dalam kehidupan.

Mereka dianggap memiliki keberuntungan dan kebijaksanaan yang lebih besar. Dan disebutkan weton Jumat Wage sebagai titisan Nyi Roro Kidul.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.