AS Desak Kairo Bebaskan Staf Anadolu Agency yang Ditahan

Avatar of PortalMadura.com
AS Desak Kairo Bebaskan Staf Anadolu Agency yang Ditahan
Ilustrasi: Wartawan (Foto file - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com – Amerika Serikat (AS) meminta otoritas Mesir pada Rabu untuk membebaskan empat karyawan yang ditahan dalam penggerebekan kantor mereka di Kairo.

“Kami sudah mendapat informasi soal ini. Jika benar, kami menyerukan kepada Pemerintah Mesir untuk membebaskan para jurnalis yang ditahan dan memungkinkan pers yang bebas dan terbuka di Mesir,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri kepada Anadolu Agency.

Polisi Mesir menggerebek kantor Kairo dari Anadolu Agency pada hari Selasa dan keberadaan para tahanan, termasuk satu warga negara Turki, tetap tidak diketahui.

Turki mengutuk serangan itu dan menyerukan pembebasan segera empat karyawan tersebut.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric pada hari Rabu mengatakan pihaknya sedang menyelidiki insiden tersebut dan menegaskan kembali kekhawatirannya tentang perlindungan jurnalis di seluruh penjuru dunia.

Dalam sebuah pernyataan, Komite untuk Melindungi Jurnalis (CPJ) mengatakan telah menghubungi Kantor Jaksa Agung Mesir dan Layanan Informasi Negara untuk informasi lebih lanjut tentang operasi polisi dan sedang menunggu tanggapan.

“Wartawan yang bertugas di Mesir seharusnya tidak perlu bekerja dalam ketakutan bahwa mereka akan digunakan untuk menyelesaikan skor politik antar negara,” kata Sherif Mansour, koordinator kelompok untuk Timur Tengah dan Afrika Utara.

“Pihak berwenang harus segera membebaskan staf Kantor Berita Anadolu Agency yang ditangkap kemarin, dan berhenti menggunakan tuduhan berita palsu untuk melecehkan dan membungkam media,” tambahnya.

Hubungan politik Turki dengan Mesir tetap terjalin sejak 2013, ketika Mohamed Morsi – presiden Mesir pertama yang dipilih secara bebas dan seorang pemimpin Ikhwanul Muslimin – digulingkan dalam kudeta militer berdarah.

Kesepakatan maritim Ankara dengan pemerintah Kesepakatan Nasional Libya yang diakui PBB pada November lalu memicu ketegangan lebih lanjut dengan pemerintah Kairo.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.