oleh

Baca Doa yang Diajarkan Rasulullah Ini Saat Alami Insomnia

PortalMadura.Com – Saat sering mengalami insomnia atau sulit tidur, biasanya mayoritas orang rela menghabiskan banyak uang untuk membeli obat tidur. Sayangnya, kendatipun mereka sudah mengonsumsi berbagai macam obat tidur, tidak sedikit dari penderita insomnia yang masih kesulitan tidur, seperti dilansir dari Republika.co.id, Kamis (5/12/2019).

Mengenai permasalahan tersebut, ternyata di zaman Rasulullah pun ada seorang sahabat yang juga mengalami insomnia. Salah satunya adalah Zaid bin Tsabit r.a. Keterangan tentang kejadian Zaid bin Tsabit mengalami insomnia ini terdapat dalam kitab Ibnus Sunni.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Kapal Karam dan Dua Kerangka Jenazah Berhasil Dievakuasi Tim Sar Polda Jatim

Dikisahkan, bahwa Zaid bin Tsabit mengeluhkan tentang insomnia yang dialaminya setiap malam kepada Rasulullah. Setelah itu, Rasulullah lalu mengajari Zaid bin Tsabit sebuah doa agar terlepas dari gangguan sulit tidur.

Yaitu: “Allahumma ghorotin nujuum, wa hadaatil ‘uyuun, wa anta hayyul qoyyum, laa ta khudzuka sinatun wa laa naumu, ya hayuu ya qoyyum, ahdi laily wa anim ‘ainy.” Artinya: “Ya Allah, bintang-bintang telah meredup, dan mata pun telah melemah, sedang Engkau Maha Hidup lagi tidak bersandar kepada siapa pun. Engkau tidak pula mengantuk dan tidak pula tertidur, wahai zat yang Maha hidup dan terus-menerus mengurus makhluk-makhluknya, tenangkanlah malamku dan pejamkanlah mataku”.

Itulah doa yang diajarkan Rasulullah kepada Zaid bin Tsabit dalam petikan keterangan hadis riwayat Ibnus Sunni yang ditulis dalam kitab Ibnus Sunni. Maka Zaid bin Tsabit pun membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah. Allah SWT pun menghilangkan gangguan sulit tidur yang dideritanya.

Baca Juga: Kenali Warna-warna Kamar Tidur yang Cocok Untuk Atasi Insomnia

Tidak hanya Zaid bin Sabit yang pernah mengalami insomnia. Sahabat lainnya, yakni Khalid bin Walid Al Makhzumi r.a, juga pernah menderita sulit tidur. Seperti yang diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan at Tirmidzi, Buraidah berkata Khalid bin Walid Al Makhzumi r.a, pernah mengeluh kepada Rasulullah tentang dirinya yang sulit tidur.

Mendengar keluhan Khalid bin Walid itu, Rasulullah pun mengajarkan agar ketika Khalid telah sampai di tempat tidur untuk membaca doa sebagai berikut: “Allahumma rabbi smawaati sab’i wa maa adzolat wa rabbal arodliyna wa maa aqollat wa robba syayaatini wa maa addollat kun liy jarroo min syarri kholqika kullihim jamiy’an, an yafrutho ‘alayya ahadu minhum au anyabgiya ‘azzaa jaaruka was jalla tsnaauka walaa ilaaha ghoiruka la Ilaha Illa anta”.

Arti doa tersebut, yaitu: “Ya Allah, Tuhan pencipta tujuh langit dengan segala yang dinaunginya, Tuhan pencipta seluruh jagat dengan segala apa yang dikandungnya, Tuhan pencipta setan-setan dengan segala yang disesatkannya, jadilah Engkau ya Allah pendamping yang melindungiku dari segal kejahatan yang akan diperbuat makhluk-makhlukmu kepadaku, atau siapa saja yang ingin menyakitiku atau menyerangku, Maha tinggi Engkau dan tidak ada tuhan selain Engkau”.

Untuk itu, ketika seorang Muslim mengalami insomnia, jangan hanya mengandalkan obat semata. Sebuah terapi juga perlu dibarengi dengan berdoa kepada Allah SWT seperti yang diajarkan Rasulullah kepada para sahabat. Wallahu A’lam.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar