Beginilah Wujud Sinyal WiFi Yang Perlu Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Beginilah Wujud Sinyal WiFi Yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi (devmedia.id)

PortalMadura.Com – Sebagian dari kita pasti telah mengetahui tentang sinyal. Akan tetapi, mungkin sangat sedikit orang mengetahui tentang bentuknya sinyal tersebut. Salah satu sinyal yang sering kita jumpai adalah sinyal WiFi yang pada umumnya berada disekitar kita.

Namun, apakah Anda tahu bagaimana bentuk atau wujud dari sinyal WiFi tersebut?. Sinyal WiFi memang ada di sekitar kita dan umumnya tidak dapat terlihat.

Peneliti dari Newcastle University mengusung Touch Research Project untuk menciptakan yang mereka sebut dengan ‘Lightpainting WiFi’. Tim peneliti ini menggunakan sensor pintar dan kamera untuk menangkap sinyal WiFi. Hasilnya, terlihat cahaya berpola yang tampak menyerupai gaya fotografi modus bulb.

Selanjutnya, proyek ini menggunakan fotografi long exposure dalam hubungannya dengan sensor RSSI (Received Signal Strength Indication) untuk memvisualkan sinyal WiFi yang tidak terlihat. Gambar-gambar yang dihasilkan dijuluki ‘digital ethereal’ oleh kreatornya.

Tampilan foto tampak diambil di sebuah ruangan terbuka atau studio tertutup. Terlihat jelas adanya perbedaan bagaimana sinyal WiFi itu bergerak dan menyebar keluar.

Akhirnya, jepretan studio menunjukkan bagaimana sinyal dapat dipindahkan oleh interaksi objek. Cahaya yang bergerak memperlihatkan warna biru untuk sinyal yang lemah, sementara sinyal merah menunjukkan sinyal yang kuat. (okezone.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.