oleh

Berdalih OM SPAN Sulit Diakses, Pencairan DD Molor di Pamekasan

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pencairan dana desa(DD) tahap ketiga di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur mengalami penundaan. Pihak pemerintah daerah berdalih ada kendala pada server OM SPAN.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Achmad Faisol mengatakan pengajuan pencairan dana desa (DD) tahap ketiga melalui aplikasi online monitoring Span (OM SPAN) yang diterapkan Kemenkeu terkadang tidak bisa diakses.

“Server sepertinya bermasalah, karena saat kami memasukkan data, tiba-tiba mengalami gangguan,” dalihnya, Senin (17/9/2018).

Loading...

Sesuai Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) bahwa kabupaten dapat mengajukan termin ketiga dengan syarat penyerapan dana desa harus sudah mencapai 90 persen. Capaian kinerja atau realisasinya mencapai 50 persen dan serapan dana dari rekening desa minimal 75 persen.

Menurutnya, untuk Pamekasan sudah memenuhi syarat pencairan, kecuali laporan realisasi saja yang masih belum rampung. “Laporan yang kami masukkan ke OM SPAN baru 40 persen saja karena terkendala jaringan,” katanya.

OM SPAN merupakan sebuah sistem online monitoring yang dirancang dengan mengintegrasikan proses penganggaran, pelaksanaan dan pelaporan keuangan negara, sehingga diperoleh laporan keuangan akurat melalui proses akuntabel dan transparan.(Hasibuddin/Nurul)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar