oleh

Cara Bayar Zakat Secara Online di Tengah Pandemi

PortalMadura.Com – Zakat Fitrah atau Zakat diri merupakan zakat yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan. Kata Fitrah yang ada merujuk pada keadaan manusia saat baru diciptakan sehingga dengan mengeluarkan zakat ini manusia dengan izin Allah akan kembali fitrah.

Besaran zakat fitrah jika berasa atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Badan Amil Zakat Nasional atau BAZNAS adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. BAZNAS merupakan Lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001 yang memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat nasional. Ditengah pandemi Covid-19 sebaiknya lakukan pembayaran zakat secara online ke lembaga yang sudah terpercaya dan di wabah naungan pemerintah. Berikut cara membayar zakat secara online dilansir dari laman Kompas.com, Jumat (22/5/2020)

Berikut adalah cara pembayaran zakat fitrah online melalui Baznas:

Pertama buka laman resmi Baznas di www.baznas.go.id, lalu klik Bayar Zakat di pojok kanan atas. Selanjutnya dalam kolom “Pilih Jenis Dana”, pilih ” Zakat Fitrah”. Jangan lupa untuk melengkapi data pembayaran zakat, seperti jumlah jiwa, nama bapak, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat e-mail. Saat kolom jumlah jiwa diisi, maka secara otomatis akan muncul besaran nilai zakat fitrah sesuai ketentuan Baznas.

Kedua isi kolom “Metode Pembayaran”. Pembayaran bisa dilakukan melalui jenis pembayaran yang sudah tersedia di laman Baznas. Selain itu, bisa melakukan pembayaran melalui transfer, PayPal, maupun kartu kredit. Setelah muncul total jumlah pembayaran, tinggal klik “Lanjutkan Pembayaran” Tunggu notifikasi dari Baznas bahwa pembayaran zakat fitrah telah berhasil dilakukan.

Jika sudah ada notifikasi berhasil maka, zakat fitrah Anda untuk Ramadan tahun ini sudah selesai.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : kompas.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar