FKUB Pamekasan Imbau Umat Islam Hargai Perayaan Natal

Avatar of PortalMadura.com
FKUB Pamekasan Imbau Umat Islam Hargai Perayaan Natal
dok. Gerbang Salam Pamekasan

PortalMadura.Com, – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, meminta umat Islam untuk menghargai perayaan misa Natal yang dilakukan oleh umat Kristiani.

Ketua FKUB Kabupaten Pamekasan, KH. Abd Mu'id Khozin menegaskan, saling menghargai merupakan tanggung jawab semua umat beragama. Sama seperti umat Islam merayakan hari raya Idul Fitri, tetapi menghargai tersebut bukan berarti mengikuti ritualnya.

“Menghargai dan tolong-menolong itu dianjurkan, kita harus bisa hidup berdampingan, tanpa ada gesekan-gesekan. Karena natal itu merupakan ibadah non muslim, dan kita harus menghargai,” katanya, Senin (25/12/2017).

Pengasuh Pondok Pesantren Darul Akhlak Toronan Pamekasan ini menambahkan, enam agama yang tumbuh subur di negeri ini dilindungi oleh undang-undang. Dengan demikian, orang yang hidup di bumi Indonesia harus mengikuti peraturan yang ada di Indonesia.

Dia menegaskan, menghargai Natal bukan berarti mengikuti ritual Natal sebagaimana yang dilakukan umat Kristiani. Menghargai itu salah satunya adalah tidak mengganggu pelaksanaan Natal, karena umat Kristiani juga perlu kekhusyuaan dalam beribadah.

“Saya sering menyampaikan, kalau ritual maaf jangan sampai dicampuradukkan antara agama satu dengan agama lain. Ini sangat berbahaya. Jadi, kalau ada ritual tidak usah ikut-ikut,” tandasnya.

Dia memungkasi, umat Islam tidak boleh mengikuti ritual umat non muslim, demikian juga non muslim dilarang mengikuti ritual umat Islam. Mengingat, ritual agama tersebut hanya boleh dilakukan oleh penganutnya. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.