oleh

Harganas 2020, DP3AKB Sumenep Sukses Gelar Lomba ‘Via Virtual’

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Sumenep sukses menggelar lomba via virtual di tengah pandemi Covid-19.

Kegiatan tersebut adalah lomba kelompok Bangga Kencana Pusat Informasi dan Konseling – Remaja (PIK-R) dan Bina Keluarga Balita. Hari ini, Rabu (8/7/2020) merupakan penentuan juara tingkat kabupaten.

“Lomba ini digelar dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXVII tahun 2020,” terang Plt. Dinas P3AKB Kabupaten Sumenep, Moh. Kadarisman.

Lomba sengaja dilakukan secara virtual dalam usaha ikut serta mencegah penyebaran virus corona. “Jadi sistemnya kelompok. Ada peserta yang siap-siap di lokasi serta ada perwakilan yang sengaja kami undang untuk menunjukkan lokasi yang dilombakan itu secara virtual (pakai handphone). Salah satunya, itu yang dinilai,” katanya.

Perwakilan peserta yang diundang, kata dia, tentunya bagi yang sudah lolos pada tahap sebelumnya. Pihak panitia juga mengecek langsung dokumen pendukung yang dibawa oleh perwakilan peserta. “Pembuktiannya, dilakukan via virtual oleh perwakilan yang kami undang,” urainya.

Penilaian terhadap kelompok dilakukan secara terbuka dan transparan oleh dewan juri. Dan pemenangnya langsung diumumkan. “Target kami, mereka yang mendapat juara itu mampu membawa nama baik Sumenep ditingkat Jawa Timur maupun nasional seperti tahun sebelumnya,” harapnya.

Tahun 2019, kata dia, juara duta GenRe Sumenep mampu bersaing di tingkat Jawa Timur hingga membawa nama baik Sumenep di tingkat nasional. “Kita mengharapkan prestasi itu kembali di raih. Tahun lalu, peserta lomba datang, kalau tahun ini penilaian dilakukan virtual,” jelasnya.

Penyerahan Tali Asih

Penyerahkan tali asih kepada ASN DP3A KB yang purna tugas dan penyerahan hadiah kejuaraan lomba kelompok Bangga Kencana PIK Remaja dan Bina Keluarga Balita (Foto Joni Suhartono @portalmadura.com)
Penyerahkan tali asih kepada ASN DP3A KB yang purna tugas dan penyerahan hadiah kejuaraan lomba kelompok Bangga Kencana PIK Remaja dan Bina Keluarga Balita (Foto Joni Suhartono @portalmadura.com)

Pada momen Harganas 2020, pihak DP3AKB Kabupaten Sumenep juga menyerahkan tali asih kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan DP3AKB yang sudah memasuki purna tugas sejak 2019 hingga bulan Juni 2020.

“Mereka itu (ASN purna tugas, red) memiliki jasa yang luar biasa bersama kami dalam usaha meningkatkan kualitas kehidupan dan ekonomi masyarakat. Maka, kami buat semacam reuni dan ada tali asih,” kata Kadarisman.

Ia menyampaikan, mereka yang sudah purna tugas sebenarnya masih memiliki semagat besar untuk berbagi dan mendorong kemajuan masyarakat Sumenep, namun karena aturan ASN yang membatasi sehingga harus purna tugas.

“Kami sangat berterima kasih, karena dedikasinya sangat besar saat bersama-sama di lingkungan DP3AKB,” pungkasnya.

Berikut para juara lomba kelompok Bangga Kencana PIK Remaja (PIK-R) dan Bina Keluarga Balita (BKB) tahun 2020.

Juara 1 PIK-R Lorong Cangka SMK 1 Kalianget
Juara 2 PIK-R Kariman MA Al-Karimiyyah Gapura
Juara 3 PIK-R Nurud Dhalam Ganding

Juara Harapan 1 PIK-R Cerdas SMP 5 Sumenep
Juara harapan 2 PIK-R Cemara SMP 1 Dasuk
Juara Harapan 3 PIK-R Atlantik SMA 1 Kalianget

Lomba Bina Keluarga Balita

Juara 1 BKB Bugenvile Kecamatan Batuan
Juara 2 BKB Kenanga Kecamatan Ganding
Juara 3 BKB Seroja

(*)

Penulis : Oktaviana Dwi KK
Editor : Oktaviana Dwi KK
Tirto.ID
Loading...

Komentar