oleh

ITB Ingin Gandeng Pengrajin Batik Madura Ciptakan Motif Astronomi

PortalMadura.Com, Sumenep – Institut Teknologi Bandung (ITB) akan menggandeng pengrajin batik Madura untuk menciptakan motif bernuansa astronomi.

Tim dari Program Studi Astronomi, FMIPA ITB telah turun langsung beberapa waktu lalu kesejumlah pengrajin batik di Kabupaten Sumenep dan Pamekasan.

“Responnya positif sekali, mereka (pengrajin batik, red) tertarik. Tapi, problemnya, mereka sulit memahami apa yang ada dalam pikiran dan angan-angan kami,” kata Endang Soegiartini, tim dari Program Studi Astronomi, FMIPA ITB, pada PortalMadura.Com, Senin (13/8/2018).

Pihaknya menginginkan, yang tergambar pada motif batik Madura tersebut menuturkan makna dari astronomi itu sendiri.

“Saya sempat melihat ada sebuah batik di Pamekasan dengan gambar zodiak dalam satu frame dan bagus, tetapi belum menggambarkan filosofinya,” katanya.

Untuk menterjemahkan filosofi astronomi tersebut, maka pihaknya akan membuat desain dan mengaturnya sedemikian rupa sehingga awam pun dapat memahaminya.

“Jadi, kami yang harus membuat desain. Sebab, kesulitannya antara pemahaman kami berbeda dengan pemahaman mereka,” terangnya.

Selama tim dari ITB berkunjung ke pengrajin batik tulis, salah satunya dilakukan pada pengrajin batik di Pakandangan, Kabupaten Sumenep dan Pamekasan dinilainya potensi batik Madura sangat bagus.

Bahkan, tim ITB akan berkunjung kembali ke Madura untuk mendatangi pengrajin batik yang ada di Kabupaten Sampang dan Bangkalan.

“Suatu saat nanti, kami akan datang kembali ke empat kabupaten di Madura,” katanya.(Hartono)

Loading...