Jangan Lewatkan, 2 Waktu Mustajab Berdoa di Hari Jumat

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Lewatkan, 2 Waktu Mustajab Berdoa di Hari Jumat
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan hari terbaik dibandingkan hari baik lainnya. Oleh karena itu, perbanyaklah melakukan amalan-amalan sunah di hari Jumat. Seperti membaca surat Al-Kahfi, salat Jumat bagi laki-laki, bersedekah dan lain sebagainya.

Selain itu, hari Jumat juga menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa pada Allah SWT. Sebagaimana sabda Rasulullah: “Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim yang ia berdiri melaksanakan salat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang dia minta.” (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad dan lainnya)

Ternyata ada dua waktu mustajab untuk berdoa pada Jumat. Pertama, pada saat antara duduknya imam hingga selesainya salat Jumat. Hal ini dijelaskan hadist HR. Muslim dan Abu Daud, di mana dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy'ari ua berkata;

“Abudallah bin Umar bertanya padaku, ‘Apakah engkau pernah mendengar ayahmu menyebut suatu hadis dari Rasulullah SAW mengenai waktu mustajabnya doa di hari Jumat?” Abu Burdah menjawab, “Iya betul, aku pernah mendengar dari ayahku (Abu Musa), ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Waktu tersebut adalah antara imam duduk ketika khutbah, hingga imam menunaikan salat Jumat,” (HR. Muslim dan Abu Daud).

Baca Juga: Kejari Bangkalan Eksekusi Notaris Irwan Yudhianto

Kemudian yang kedua dalam riwayat hadis yang lainnya pun dijelaskan tentang waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat. Yaitu setelah waktu ashar. Dari Abu Said al-Khudri dan Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda;

“Di hari Jumat terdapat suatu waktu, di mana jika ada seseorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah setela Ashar,” (HR. Ahmad).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.