Jangan Pernah Libatkan Keluarga Saat Bertengkar dengan Pasangan, Ini 4 Alasannya

  • Bagikan
Saat anak Berargumentasi dengan orangtua
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat pasangan suami istri bertengkar sering kali sulit mengontrol emosi. Bahkan, kadang karena emosi yang memuncak pasangan suami istri itu menyebut-nyebut nama keluarga dan menjelek-jelekkan.

Padahal banyak dampak negatif yang akan timbul jika hal itu dilakukan. Oleh karena itu, saat bertengkar harusnya suami istri itu tidak melibatkan keluarga karena beberapa alasan berikut;

Sebuah Konflik Bisa Jadi Kesempatan untuk Saling Mendewasakan Diri
Adakalanya sebuah konflik bisa menjadi kesempatan atau peluang untuk saling mendewasakan diri. Saat Anda dan pasangan dihadapkan pada sebuah masalah, Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang untuk belajar dewasa.

Saat bertengkar dengan pasangan, secara tidak langsung Anda sedang berproses untuk memecahkan masalah tersebut. Kalau masalah sudah terselesaikan dengan baik, Anda dan pasangan akan lebih dewasa pastinya.

Menghindari Kemungkinan Keluarga Mengadu Domba
Bukan maksudnya berpikiran negatif. Hanya saja Anda tetap perlu hati-hati. Jangan sampai masalah yang Anda miliki dengan pasangan malah nantinya dijadikan bahan oleh kerabat (yang mungkin membenci Anda) untuk mengadu domba. Kalau hal itu sampai kejadian beneran, keharmonisan hubungan pastinya akan terganggu.

Keluarga Jangan Makin Dibebani dengan Masalah Baru
Setiap rumah tangga memiliki masalahnya masing-masing. Kalau sudah berkeluarga, ada baiknya setiap masalah baru diselesaikan dengan cara Anda sendiri terlebih dahulu.
Jangan terburu-buru melibatkan keluarga karena mereka sendiri pasti punya masalahnya sendiri. Kalau setiap kali ada masalah langsung melibatkan keluarga, takutnya nanti Anda malah membuat keluarga makin terbebani.

Menghindari Sikap Saling Menyalahkan
Kalau sudah emosi, kadang yang terjadi adalah saling menyalahkan. Kalau keluarga langsung dilibatkan, takutnya nanti bukan solusi yang didapatkan, tapi malah makin saling menyalahkan.

Akhirnya keadaan makin runyam, kan? So, penting untuk meluangkan waktu sebentar terlebih dahulu untuk bisa tenang satu sama lain sebelum gegabah melibatkan pihak lain ketika bertengkar.

Cuma memang kita perlu mengenali setiap jenis masalah yang ada. Jika sekiranya sebuah masalah masih bisa diselesaikan bersama pasangan, maka coba lakukan itu dulu. Tapi kalau masalahnya sudah dalam tahap yang parah dan butuh mediasi segera, segera cari bantuan yang sesuai. (vemale.com/Desy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.