oleh

Minimalisir Golput, KPU Tambah TPS

SUMENEP (PortalMadura) – Guna meminimalisir angka golongan putih (golput) pada pemilu 9 April tahun ini, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menambah 201 tempat pemungutan suara (TPS).

“Kami menambah 201 TPS pada pemilu legislatif 2014, guna menekan angka golput,” tegas Moh Ilyas, Komesioner KPU Sumenep, Senin (10/02/14).

Ilyas memaparkan, pada pemilu pilgub 2013, angka golput di ujung timur Madura ini mencapai 54 persen. Alasan tingginya golput atau rendahnya tingkat kehadiran pemilih ke TPS, lantaran TPS terlalu jauh dari warga. Untuk itu, dengan penambahan TPS diharapkan bisa menekan angka golput.

iklan hari santri

“Ini kami lakukan untuk menekan angka golput di pileg ini. Sebab, satu suara menentukan masa depan bangsa selama 5 tahun kedepan,” urainya.

Dari penambahan TPS, persediaan bilik dan kotak suara di KPU otomatis kurang. Kekurangan, mencapai 987 kotak suara dan 800 bilik suara.

“Kekurangan tersbut telah di laporkan ke KPU Provinsi dan KPU Pusat,” ungkapnya.

Pada pemilu legislatif tahun ini, daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah diplenokan KPU Sumenep, sebanyak 894.444 orang. Sedangkan TPS yang tersebar di 27 kecamatan daratan dan kepulauan sebanyak 2.798 TPS.(arif/htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.