Pemkab Sumenep Dorong Pengembangan Wisata Desa Wilayah Batuputih

Avatar of PortalMadura.com
Keraton Batuputih Sumenep
dok Bato Toladhân di Batuputih Sumenep, dekat bekas Keraton Arya Wiraraja, Batuputih-Sumenep (Foto. Hartono)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mendorong tumbuhnya destinasi wisata di sejumlah desa, khususnya di Kecamatan Batuputih.

Hal tersebut seiring dengan potensi yang dimiliki Kecamatan Batuputih, seperti bukit Buras, Desa Batuputih Daya yang diyakini warga setempat sebagai bekas Keraton Arya Wiraraja (Keraton Batuputih).

Selain itu, ada Pantai Badur dan Galian Batu Putih serta Asta Raden Fatah (Siding Margo) Desa Juruan Daya serta Air Terjun Desa Aeng Merah. Baca : ‘Telisik’ Kesukaan Siding Margo Juruan Daya Hingga Jadi Jujukan ‘Ngalap’ Berkah.

https://www.youtube.com/watch?v=iiEdihOf8Jw&feature=youtu.be

“Dalam aturan memang memberi peluang besar bagi setiap desa untuk mengembangkan pariwisata di desanya, namun pengelolaannya harus oleh BUMDes,” tegas Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Sumenep, Sufiyanto, Senin (19/3/2018).

Baca Juga:  Cabor Atletik Sumenep Borong 7 Medali

Bahkan, pihaknya sangat mendukung dan menyambut baik atas pertumbuhan destinasi wisata yang ada di desa. “Kami sangat siap untuk memberikan pendampingan pada pengelola dan desa,” katanya.

Baca : Siput Ajaib, Peninggalan Pangeran Siding Margo di Desa Juruan Laok Sumenep

Pemerintah Kabupaten Sumenep pada tahun 2018, salah satu program unggulannya adalah tahun kunjungan wisata (Visit Sumenep). Destinasi wisata yang dijadikan unggulan yakni Pulau Giliyang (Pulau Oksigen), di Kecamatan Dungkek, Sumenep. (Hartono)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.