Penggalan Cerita di Balik Prosesi Pemakaman Ra Fuad

Penggalan Cerita Dibalik Prosesi Pemakaman Ra Fuad
Jenazah RKH Fuad Amin Imron tiba di Masjid Syaichona Moch. Cholil untuk disalatkan kembali dan dimakamkan (Foto: Agus Hidayat)

Dikawal Ribuan Santri

Penggalan Cerita di Balik Prosesi Pemakaman Ra Fuad
Jenazah RKH Fuad Amin Imron diberangkatkan dari Masjid Agung Bangkalan menuju Masjid Syaichona Moch. Cholil (Foto: Agus Hidayat)

Ratusan santri mulai memasuki halaman Masjid Agung Bangkalan sejak pukul 08.15 WIB. Tidak lama berselang terlihat kelompok santri lain.

Mereka datang dari sejumlah pondok pesantren di Bangkalan. Selain ikut mendoakan, mereka ingin terlibat dalam proses pemakaman almarhum Ra Fuad.

Jelang kedatangan jenazah, jumlah santri telah mencapai ribuan. Mereka terbagi di tiga area masjid, yaitu dalam, teras, serta halaman masjid.

Terlihat pula para kiai dan ulama, para pejabat di lingkungan Forkopimda Kabupaten Bangkalan, ratusan karyawan, serta warga Bangkalan.

Ratusan santri juga memenuhi rumah duka. Kehadiran mereka seakan sebuah keharusan manakala ada kiai, ulama, serta tokoh agama yang meninggal dunia. Terlebih jika yang tutup usia berhubungan dengan pondok pesantren tempat mereka menuntut ilmu agama.

Seolah tanpa dikomando, para santri rela mengusung jenazah Ra Fuad dari rumah duka hingga tempat peristirahatan terakhir dengan berjalan kaki sambil mengumandangkan takbir, tahlil, tahmid, serta selawat.

Suasana Riuh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.