Penggalan Cerita di Balik Prosesi Pemakaman Ra Fuad

Penggalan Cerita Dibalik Prosesi Pemakaman Ra Fuad
Jenazah RKH Fuad Amin Imron tiba di Masjid Syaichona Moch. Cholil untuk disalatkan kembali dan dimakamkan (Foto: Agus Hidayat)

Liang Lahat Disiapkan Jauh Hari

Penggalan Cerita di Balik Prosesi Pemakaman Ra Fuad
Makam RKH Fuad Amin Imron yang berdampingan dengan makam Syaichona Moch. Cholil serta Kholilur Rohman (Ra Lilur) di kompleks Masjid Syaichona Moch. Cholil  (Foto: Agus Hidayat)

Setelah sampai di Masjid Syaichona Moch. Cholil, jenazah Ra Fuad kembali disalatkan. Pemakaman yang turut disaksikan keluarga besar almarhum, termasuk Bupati Bangkalan, Abdul Latief Amin Imron, berjalan lancar dan khidmat.

Rangkaian acara pemakaman selesai pukul 11.30 WIB. Kini sosok Ra Fuad hanya bisa dikenang serta menjadi bagian sejarah Bangkalan.

Liang lahat sebagai tempat peristirahatan terakhir Ra Fuad telah dipersiapkan jauh-jauh sebelumnya. Makam Ra Fuad berdampingan dengan makam dua ulama yang mendahuluinya.

Keduanya adalah Syaichona Moch. Cholil (ulama besar Madura yang juga pendiri organisasi Islam NU) serta ulama Bangkalan Kholilur Rohman atau yang akrab disapa Ra Lilur.

Makam ketiganya berada di area masjid, tepatnya di sisi utara mimbar yang dibatasi pagar keliling. Posisi makam Ra Fuad berada di sisi selatan, sedang makam Syaichona Moch. Cholil paling utara.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.