Perintah Muliakan Ibu dalam Islam

Avatar of PortalMadura.com
Perintah Muliakan Ibu dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Berbakti kepada orang tua atau birrul walidain merupakan salah satu amalan utama yang sangat dicintai Allah SWT. Perbuatan seperti ini memiliki banyak keutamaan, bahkan dalam sebuah hadis dari Ibnu Mas’ud, terungkap bahwa selain salat tepat waktu dan jihad fii sabilillah, birrul walidain termasuk di antara tiga keutamaan tersebut.

Sebagaimana yang diceritakan dalam sebuah riwayat dari Anas bin Malik, beliau berkata: “Seorang wanita datang kepada Nabi, kemudian ‘Aisyah memberinya tiga butir kurma dan sang wanita memberikan kepada setiap anaknya sebutir kurma, sedangkan dia memegang sebutir kurma. Kemudian kedua anaknya tersebut memakan kurmanya masing-masing sambil memandangi wajah ibunya.

Setelah itu, sang ibu tadi sengaja membelah sebutir kurmanya menjadi dua, lalu ia berikan kepada kedua anaknya. Kemudian ‘Aisyah menceritakan kejadian itu kepada Nabi, lalu Nabi bersabda, “Apa yang membuatmu merasa heran?. Allah telah mengasihi wanita tadi karena kasih sayangnya kepada kedua anaknya” (HR Bukhari).

Selain itu, dalam kisah lain diriwayatkan, suatu ketika Abi Burdah menyaksikan Ibnu Umar dan seorang penduduk Yaman yang sedang tawaf di sekitar Kakbah sambil menggendong ibunya di punggungnya. Orang itu lalu berkata, “Wahai Ibnu Umar, apakah aku telah membalas budi kepadanya?” Seketika Ibnu Umar menjawab, “Engkau belum membalas budinya, walaupun setarik napas yang ia keluarkan ketika melahirkanmu”.

Tidak hanya itu saja, ada bukti luar biasa yang juga ditunjukkan Ali bin Husain bin Ali bin Abi Thalib. Beliau dikenal sebagai sosok yang sangat hormat dan berbakti kepada ibunya. Sampai suatu ketika salah seorang sahabat mengutarakan keheranannya kepada beliau. “Engkau adalah orang yang paling berbakti kepada ibumu, akan tetapi kami tidak pernah melihatmu makan bersama ibumu.” Ali menjawab, “Aku takut jikalau tanganku mengambil makanan yang sudah dilirik oleh ibuku. Sehingga aku berarti mendurhakainya”.

Perlu umat Islam ketahui, bahwa takdir mempunyai keluarga baru dan terpisah dengan orang tua tidaklah menggugurkan kewajiban seorang anak untuk tetap memuliakan orang tuanya. Tentunya merupakan sebuah pelajaran yang sangat berharga bagi Anda untuk meneladani apa yang dicontohkan baginda Rasulullah, Ali bin Abi Thalib dan sahabat lain. Meskipun dengan segala keterbatasan ilmu yang Anda miliki, berbuat baik dengan selalu menjaga hati ibu agar tidak tergores hatinya merupakan ikhtiar mulia.

Maka dari itu, perlu disadari, bahwa setiap apa pun daya untuk membalas apa yang telah ibu berikan, tidak akan pernah sepadan dengan apa yang telah beliau korbankan. Menanggung beban ketika mengandung, menahan rasa sakit yang teramat sangat ketika melahirkan, terjaga di tengah malam karena harus menyusui, sungguh merupakan sesuatu yang sangat sulit sekali terbalaskan.

Baca Juga: Ini Alasan Seorang Ibu 3 Kali Lebih Mulia dari Ayah dalam Islam

Dari Abu Hurairah, beliau berkata: “Seseorang datang kepada Rasulullah dan berkata, ‘Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?’ Nabi menjawab, ‘Ibumu!’ Dan orang tersebut kembali bertanya, ‘Kemudian siapa lagi?’ Nabi menjawab, ‘Ibumu!’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi?’ Beliau menjawab, ‘Ibumu.’ Orang tersebut bertanya kembali, ‘Kemudian siapa lagi,’ Nabi menjawab, ‘Kemudian ayahmu’” (HR Bukhari).

Karena itu, jangan pernah lelah untuk memuliakan mereka selagi ada. Jika saja ibu sudah berpulang, hanya doa dan penyesalan yang bisa disampaikan. Jangan pernah membiarkan diri Anda lalai, abai, atau bahkan melupakan. Perlakukan ibu Anda sebagai ratu agar hidup Anda meraih kebahagiaan seperti ratu. Ingatlah, keridaan Allah SWT berasal dari keridaan orang tua Anda. Wallahu A’lam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.