oleh

Santri, Permudah Hafalan dengan 3 Amalan Ini

PortalMadura.Com – Belajar di pondok pesantren saat ini merupakan salah satu alternatif pendidikan yang banyak dilakukan masyarakat. Menjadi santri biasanya akan melakukan beberapa kewajiaban, salah satunya menghafal Alquran dan kitab kuning.

Menghafal Alquran dan kitab kuning bukanlah hal yang mudah bagi para santri. Lantas bagaimana caranya supaya santri mudah menghafal? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (28/10/2019) dari laman okezone.com yang dikutip dari website Pondok Pesantren Darunnajah, Serang, Banten.

Berikut amalan untuk mempermudah menghafal:

Menghindari Maksiat

Meskipun tinggal di pesantren, berbuat maksiat itu tidak dipungkiri bisa terjadi. Namun, maksiat di sini bukan berbuat macam-macam dengan lawan jenis. Misalnya saja mem-bully teman.

Seperti pepatah arab mengatakan: “Saya telah mengadukan kepada imam Waki’, tentang buruknya hafalanku. Lalu beliau memberi nasehat kepadaku agar meninggalkan segala macam maksiat, karena bahwasanya hafal ilmu itu adalah cahaya (karunia), dan cahaya Allah itu tidak akan dihadiahkan kepada orang-orang yang berbuat maksiat.”

Baca Juga: Kerjasama Besar! Gojek, Portal Madura & Komunitas Senyum Desa Kolaborasi di 

Memperbanyak Ibadah

Kemudian, untuk bisa lancar menghafal dengan cara memperbanyak ibadah, yakni mendekatkan diri kepada Allah SWT. Seperti salat, mengaji, puasa, hingga sering membaca Alquran. Hal tersebut akan mempermudah santri menghafal semua tugas dari kiainya.

Mengulanginya

Tentu saja dengan cara mengulangi terus hafalan, maka akan semakin mudah untuk mengingatnya. Biasanya para santri memiliki waktu khusus untuk menghafal, misalnya sebelum tidur atau salat subuh. Maka semua hafalan Insya Allah akan mudah tersimpan di dalam hati dan pikiran.

Selain mengamalkan tiga poin di atas, berikut ini doa mempermudah hafalan yang bisa Anda baca setiap hari: Allahummarzuqna fahman nabiyyina wa hifdhal mursalina wa ilhamal malaikatil muqarrabin birahmatika ya arhamar rahimina

Artinya: “Ya Allah, anugerahilah kami pemahaman para nabi, hafalan para rasul, dan ilhamnya para malaikat yang dekat (dengan-Mu), sebab kasih sayang-Mu, wahai Dzat yang Maha Pengasih.”

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : okezone.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar