Sebelum Terlambat, Kenali Gejala Stroke Ringan yang Perlu Anda Waspadai

Avatar of PortalMadura.com
Sebelum Terlambat, Kenali Gejala Stroke Ringan yang Perlu Anda Waspadai
Ilustrasi (Klikdokter)

PortalMadura.Com – Penyakit merupakan kondisi kronis yang bisa menyerang siapa saja, baik usia muda ataupun yang sudah lanjut usia. Serangan stroke ini dapat terjadi secara tiba-tiba. Walaupun sulit diprediksi, tapi Anda bisa mengetahui atau gejala serangan stroke tersebut.

Perlu Anda ketahui, stroke terjadi ketika pasokan darah menuju otak terganggu atau sama sekali berkurang, sehingga jaringan otak kekurangan oksigen dan nutrisi. Hal ini bisa merusak atau bahkan mematikan sel-sel otak.

Bagian otak yang berbeda mengendalikan fungsi tubuh yang berbeda, sehingga stroke dapat memengaruhi hampir semua bagian tubuh. Nah, untuk lebih jelasnya, akan lebih baik jika simak penjelasan gejala-gejala stroke berikut ini:

Apa Saja Gejala Stroke yang Mungkin Muncul?
Setiap orang mungkin akan memiliki gejala stroke yang berbeda-beda. Namun, beberapa kondisi berikut termasuk gejala stroke yang umum.

a. Sulit berbicara atau memahami orang lain
b. Mati rasa atau terkulai lemas di satu sisi wajah atau tubuh
c. Sulit berjalan dan menyeimbangkan badan
d. Masalah penglihatan
e. Sakit kepala yang parah
f. Pusing
g. Sulit menelan

Dari gejala-gejala tersebut, beberapa orang yang mengalami stroke mungkin juga tidak merasakan sakit. Meski begitu, waspadai semua gejala dan segera temui dokter Anda jika mengalami beberapa gejala tersebut.

Baca Juga: Penyakit Stroke Bisa Dicegah dan Diobati dengan 3 Bahan Alami Ini

Siapa pun yang mungkin mengalami stroke tidak boleh mengemudi. Gejalanya dapat dengan cepat menjadi lebih buruk, dan dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain dalam kecelakaan.

Mengenali Gejala Stroke
National Stroke Association merekomendasikan strategi mudah untuk membantu Anda mengenali apakah seseorang mengalami stroke. Jika Anda berpikir bahwa seseorang di sekitar Anda mengalami stroke, coba lakukan FAST (face, arm, speech, time). Ini adalah sebuah strategi yang berarti:

Face: wajah Anda terkulai
Arm: lengan Anda melemah
Speech: kesulitan dalam berbicara

Baca Juga: Jangan Diabaikan! Ini 5 Gejala Stroke pada Wanita

Jika seseorang tidak bisa mengangkat kedua lengan, tersenyum dengan kedua sisi mulut, atau mengucapkan kalimat lengkap, penting untuk mencari perawatan darurat. Ini bisa menjadi gejala stroke. Karena semakin lama stroke tidak diobati, akan semakin memperparah keadaan Anda.

Apa yang Terjadi Setelah Mengalami Serangan Stroke?
Efek dari stroke bisa bervariasi, tergantung pada area otak yang terkena. Selain itu, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menerima perawatan juga berpengaruh. Penundaan pengobatan memungkinkan lebih banyak sel otak yang rusak atau mati.

Beberapa orang mungkin hanya mengalami efek kecil setelah stroke, seperti kelelahan atau gangguan pada sistem koordinasi. Sementara lainnya, mungkin perlu mempelajari kembali fungsi dasar, seperti berjalan dan menelan, dan membutuhkan perawatan lanjutan.

Biasanya orang yang pernah memiliki stroke akan mengalami gangguan penglihatan, dampak fisik dan emosional. Setelah stroke, beberapa orang mengalami:

1. Sulit menelan (disfagia)
2. Tidak bisa mengangkat kaki bagian depan (foot drop)
3. Masalah kencing atau buang air besar
4. Rasa sakit, kejang
5. Kelelahan
6. Lumpuh
7. Masalah tidur
8. Kejang otot

Seseorang mungkin memiliki satu atau lebih dari gejala ini, yang keparahannya dapat meningkat atau juga bisa semakin membaik. Selain itu, stroke bisa membuat seseorang merasa terguncang, bingung, dan takut. Seseorang yang mengalami stroke mungkin mengalami depresi, gelisah, stres, merasa terbebani dan kehilangan identitasnya.

Berbicara dengan seorang profesional dapat membantu mengatasi perasaan-perasaan ini. Seorang terapis dapat membantu seseorang untuk mengatasi dampak emosional stroke dan membuat perubahan untuk mengurangi stres.

Baca Juga: Benarkah Konsumsi Keju Bisa Kurangi Risiko Stroke? Cek di Sini Jawabannya

Gejala Stroke Ringan
Stroke Ringan atau transient ischemic attack (TIA), yang juga dikenal dengan ministroke, adalah keadaan di mana saraf kekurangan oksigen akibat dari aliran darah yang terganggu yang berlangsung kurang dari 24 jam, biasanya dalam waktu beberapa menit. Stroke ringan juga muncul ketika bagian otak tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup.

Tanda dan gejala stroke ringan sama dengan stroke lainnya, tetapi dapat berlalu lebih cepat. Suatu ministroke biasanya berlangsung antara beberapa menit dan beberapa jam. Gejala stroke ringan dapat berlalu begitu cepat sehingga seseorang nyaris tidak memperhatikannya. Misalnya, seseorang mungkin mengalami kesulitan berbicara atau bergerak selama beberapa menit sebelum berfungsi kembali.

Siapa pun yang mencurigai dirinya mengalami gejala stroke ringan, maka harus segera mencari perawatan darurat. Meskipun ministroke bukan stroke, kondisi ini harus diperlakukan sama seriusnya.

Mengalami ministroke adalah peringatan bahwa Anda berisiko tinggi terkena stroke. Untuk mengatasi risiko ini, harus segera diobati. Satu dari setiap tiga orang yang mengalami ministroke akhirnya mengalami stroke iskemik dalam satu tahun dari ministroke. Seringkali, stroke terjadi dalam beberapa hari atau minggu setelah mengalami kondisi ini. (hellosehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.