Umat Muslim, Ketahui Manfaat dan Keistimewaan Surat Yasin dalam Islam

Avatar of PortalMadura.com
Manfaat dan Keistimewaan Surat Yasin
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Umat muslim, Anda pasti telah mengetahui salah satu tujuan diturunkannya Alquran yakni sebagai pedoman hidup manusia. Setiap ayat yang terdapat di dalamnya pasti mengandung manfaat dan petunjuk hidup manusia.

Seperti yang diketahui, manusia tidak luput dari salah dosa dan Allah Maha pengampun bagi hambanya yang selalu berharap ampunannya.

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan umat muslim untuk mendapatkan ampunan dari Allah salah satunya yakni dengan membaca surat Yasin.

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Alquran dan terdiri dari 83 ayat. Surat ini diturunkan di kota Mekkah, disebut sebagai surat Makkiyah. Kandungan surat yasin cukup luas, meliputi pokok-pokok keimanan, tanda-tanda kekuasaan Allah ta’ala, peringatan kematian, hari akhir, serta kisah perjuangan para syuhada dan pendakwah.

Selain itu, surat Yasin merupakan salah satu surat yang bila selalu dibaca maka akan mendatangkan ampunan (magfirah) dari-Nya. Imam al-Mundziri dalam at-Targib wa at-Tarhib mengutip sebuah hadis:

“Diriwayatkan dari Jundub RA berkata, Rasulullah bersabda,’Barangsiapa yang membaca Surat Yasin pada malam hari dengan tujuan mencari Ridha-Nya maka ia akan diampuni dosanya.’” (HR. Malik, Ibnu Sunni, Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya).

Dari penjelasan di atas dapat dipahami bahwa amalan berupa membaca surat Yasin bila dibiasakan akan membawa dampak positif bagi kehidupan di dunia dan akhirat terutama nikmat yang berupa pengampunan dosa.

Biasanya surat yasin sering dibaca oleh masyarakat Indonesia pada malam Jumat. Selain itu surat Yasin juga dibaca saat tahlilan apabila ada orang yang meninggal dunia.

Sama seperti beberapa keutamaan dan keistimewaan surat Al- Quran lainnya, seperti Keutamaan Surat Al Kautsar, Keutamaan Surat Al Mulk, Keutamaan Surat Al Kahfi, Keutamaan Ar Rahman, Keutamaan Ayat Seribu Dinar, Surat yasin juga memiliki manfaat Surat Yasin yang luar biasa.

Dilansir dari dalamislam.com, berikut beberapa keistimewaan surat Yasin menurut islam:

Diampuni Dosa-dosa
Fadhilah surat yasin yang pertama dijelaskan dalam hadist riwayat At Thabrani, dimana disebutkan bahwa seseorang yang membaca surat yasin di malam hari maka keesokan paginya dosa-dosa orang tersebut akan diampuni.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Bayhaqi,dari Abu hurairah ra).

Dianggap Mati Syahid
Dalam riwayat At-Thabrani juga dijelaskan bahwa seseorang yang rutin membaca surat yasin setiap malam maka ia akan dipermudah ajalnya. Dan ia meninggal dalam keadaan syahid.

“Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik).

Mempermudah Segala Urusan
Membaca surat yasin juga dipercaya dapat mempermudah berbagai masalah hidup, misalnya masalah hutang piutang, pertikaian, dan sebagainya.

“Barang siapa yang membaca surat Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan dihari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya diakhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549).

Mendapatkan Ketenangan Hati
Membaca Alquran sama halnya dengan berdizikir. Dan seseorang yang memperbanyak dizikir maka hatinya akan tenang. Begitulah keutamaan orang-orang yang rajin membaca surat Yasin atau surat lainnya.

Baca Juga:  5 Surat Yang Dibaca Saat Hamil Muda

Allah Ta’ala berfirman: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Ar-ra’ad :28).

“Orang-orang yang beriman hati mereka akan tenteram dengan mengingat Allah SWT ingatlah hanya dengan mengingatnya maka hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-ra’du :28).

Terhindar Dari Siksa Kubur
Siapa sih yang tidak takut akan siksa kubur? Hanya membayangkan saja sudah bisa membuat bulu kuduk merinding. Nah, manfaat surat Yasin yang luar biasa diyakini bisa meringankan kita dari siksa kubur yang mengerikan.

“Barang siap yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat Yasin maka pada hari itu Allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur diperkuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373).

Mempermudah Sakaratul Maut
Membaca surat yasin juga dipercaya dapat membantu sakaratul maut agar lebih mudah. Sebagaimana dijelaskan dalam tafsir Al-Quran Al azhim:

“Membaca surat yasin disisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh .” (Tafsir alqur’an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi ).

“Disunnahkan membaca surat yasin disamping seseorang yang sedang menghadapi kematian.” (Al – Majmu’syaih Al muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab).

Meningkatkan Keimanan
Apabila kita membaca surat Yasin dengan memahami artinya, maka kita akan memahami betapa besar keagungan Allah. Betapa mengerikannya kematian, dan bagaimana perjuangan para pendakwah di masa lalu demi membela islam. Tentunya hal ini bisa membuat keimanan kita semakin bertambah.

Segala Hajat Dikabulkan
Apabila ada keinginan atau hajat yang dikehendaki maka dengan membaca surat yasin diyakni urusan akan dikabulkan oleh Allah Ta’ala. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis:

“Barang siapa yang membaca surat Yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka Allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

Baca Juga : Hari Jumat, Baca Surah Yasin atau Al-Kahfi ?

Membantu Pengampunan Agar Diterima Allah Ta’ala
“Barang siapa yang membaca surah yasin untuk memohon rido Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Al-baihagy dalam sy’abil iman serta mu’qil bin yasar rabersanma kanzul aumal Juz 112629).

Memperoleh Pahala Berlipat Ganda
Dalam riwayat At-Tirmidzi dan Ad-Darimi, mereka menjelaskan bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa surat Yasin adalah jantung Alquran. Dan siapa yang membaca Alquran akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Alquran.

Mendapatkan Kemuliaan
Pada dasarnya setiap surat di Alquran itu baik. Dengan membaca Alquran secara rutin, termasuk surat yasin maka kita akan dimuliakan oleh Allah Ta’ala. Sebagaimana dijelaskan dalam hadist:

“Siapa yang membaca Alquran dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal dengan ini (al-Qur’an).” (HR. Abu Daud).

Dianggap Sebagai Keluarga oleh Allah Ta’ala
Rajin membaca Alquran, termasuk surat yasin memiliki keistimewaan yang luar biasa. Salah satunya akan dianggap keluarga oleh Allah Ta’ala. Sebagaimana pemaparan dalam hadis shahih:

Baca Juga:  Kategori Darah Istihadah, Muslimah Wajib Tahu!

“‘Sesungguhnya Allah mempunyai keluarga dari kalangan manusia. Beliau SAW ditanya,’ Siapa mereka wahai Rasulullah.’ Beliau saw menjawab,’mereka adalah Ahlul Quran, mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang khusus-Nya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Pemberi Syafa’at di Akhirat Kelak
Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu , saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah oleh kalian Alquran. Karena ia (Alquran) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim).

Jiwa Akan Bersih
Rutin membaca Alquran dapat membuat jiwa kita jadi bersih. Ini bisa diibaratkan laksana bunga yang beraroma harum. Tentunya keistimewaan ini berlaku untuk semua surat dalam Alquran, termasuk yasin.

Dari shahabat Abu Musa Al-Asy’ari radhiallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Perumpaan seorang mu`min yang rajin membaca Al-Qur`an adalah seperti buah Al-Atrujah yang aromanya wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mu`min yang tidak membaca Alquran adalah seperti buah tamr (kurma) tidak ada aromanya namun rasanya manis.

Perumpamaan seorang munafiq namun ia rajin membaca Alquran adalah seperti buah Raihanah yang aromanya wangi namun rasanya pahit. Sedangkan perumpaan seorang munafiq yang tidak rajin membaca Alquran adalah seperti buah Hanzhalah yang tidak memiliki aroma dan rasanya pun pahit.” (Al-Bukhari dan Muslim).

Memberi Cahaya di Kegelapan
“Aku wasiatkan kepada kalian agar bertakwa kepada Allah dan Alquran sesungguhnya ia adalah cahaya kegelapan, petunjuk di siang hari maka bacalah dengan sungguh-sungguh.” (HR. Baihaqi).

Memperoleh Pahala Seperti Orang Bersedekah
“Orang yang membaca Alquran terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Alquran secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi.” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i).

Memperoleh Cahaya di Hari Kiamat
Dari Abu Hurairah ra berkata: “Bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (Alquran) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”

Demikianlah beberapa keistimewaan surat Yasin dalam islam. Pada dasarnya, semua surat Alquran itu baik. Manfaat membaca Alquran dalam kehidupan bisa mempermudah segala urusan dan menjadi penolong kita di akhirat kelak.

Dan salah satu tanda orang yang beruntung adalah mendapatkan ampunan dari Tuhan sehingga Malaikat selalu dekat, dan selalu diberikan nikmat. Maka dari itu, setiap muslim seharusnya berupaya untuk selalu membacanya dengan istiqamah agar mendapatkan karamah. Tak lupa juga kita wajib mengamalkan rukun islam, rukun iman, fungsi agama islam, dan Fungsi Alquran Bagi Umat Manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.