10 Manfaat Rutin Bercinta

Avatar of PortalMadura.com
10 Manfaat Rutin Bercinta
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan bagi pasangan suami istri (pasutri). Namun, terkadang ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab semakin berkurangnya momen bercinta pasutri. Seperti, faktor usia, lamanya pernikahan dan lain sebagainya.

Padahal jika dilakukan secara rutin, aktivitas bercinta ternyata mempunyai banyak manfaat bagi Anda. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (19/12/2019) dari laman astaga.com yang dikutip dari psikolog dan sex therapist dari New York, Amerika Serikat. Berikut ini beberapa yang dilakukan secara rutin:

Melepaskan Stres

Manfaat terbesar bercinta yaitu menurunkan tekanan darah dan meredam stres. Penelitian di Skotlandia, seperti dilaporkan jurnal Biological Psychology melibatkan 24 wanita dan 22 pria. Mereka mengaku bercinta secara rutin, minimal seminggu sekali.

Hasilnya, ditemukan adanya kecenderungan tekanan darah yang relatif stabil pada pria maupun wanita responden. Hal ini diakui merupakan bagian dari pengaruh aktivitas bercinta bersama pasangan masing-masing.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Aktivitas bercinta rutin satu atau dua kali seminggu berhubungan erat dengan peningkatan daya tahan tubuh, terutama antibodi imunoglobulin A atau IgA. Antibodi ini yang melindungi tubuh dari pengaruh perubahan cuaca dan infeksi.

Para ilmuwan dari Wilkes University, Pennsylvania, AS, mengambil contoh air liur 112 orang yang bercinta seminggu atau dua minggu sekali. Hasilnya, mereka yang rutin bercinta seminggu sekali atau lebih, memiliki antibodi lebih tinggi dibandingkan dengan yang hanya melakukannya dua minggu sekali atau kurang.

Membakar Kalori

Aktivitas bercinta selama 30 menit diyakini mampu membakar lebih dari 85 kalori. Sepertinya tidak terlalu banyak, tetapi jika dilakukan secara rutin, cukup efektif untuk mengurangi berat badan.

Tidak heran, Patti Britton, Ph.D, seksolog asal Los Angeles dan President of the American Association of Sexuality Educators and Therapist menyatakan bahwa bercinta itu termasuk latihan yang luar biasa karena sangat bagus dari sudut pandang jasmani dan rohani.

Meningkatkan Jantung

Banyak pria berusia di atas 50 tahun merasa takut bercintakarena berpikir aktivitas tersebut dapat meningkatkan risiko stroke.

Namun, para peneliti dari Inggris, seperti dipublikasikan dalam Journal of Epidemiology and Community Health, yang melakukan riset terhadap 914 pria selama 20 tahun dengan gangguan stroke, justru menemukan fakta lain. Aktivitas bercinta yang rutin setidaknya dua kali seminggu mampu menekan risiko serangan jantung.

Menambah Rasa Percaya Diri

Banyak pasangan yang merasa lebih percaya diri setelah bercinta. Kenyataan itulah yang diungkap peneliti dari University of Texas, AS, seperti dipublikasikan dalam Archives of Sexual Behavior.

Kenyataan itu juga didukung Gina Ogden, Ph.D, sex therapist serta konsultan keluarga dan perkawinan asal Cambridge, Inggris. Menurutnya, banyak orang beralasan aktivitas bercinta dapat meningkatkan rasa percaya diri dan menimbulkan perasaan nyaman.

Meningkatkan Keharmonisan

Bercinta dan orgasme dapat meningkatkan hormon oksitosin disebut juga hormon cinta, yang membantu menumbuhkan rasa saling percaya.

Peneliti dari Pittsburgh University dan North Carolina University, AS, mengevaluasi 59 wanita pra menoupouse sebelum dan sesudah melakukan foreplay (pemanasan) bersama suaminya yang diakhiri dengan pelukan. Mereka mengaku menemukan kedekatan, dan kadar hormon oksitosin juga meningkat tajam.

Kadar okstosin yang tinggi berhubungan erat dengan perasaan nyaman. Jika Anda tiba-tiba merasa lebih nyaman dengan pasangan Anda, bisa jadi itu karena pengaruh hormon cinta.

Baca Juga: Ratusan Botol Miras Hasil Operasi Cipta Kondisi Aman Semeru 2019 Dimusnahkan

Mengurangi Rasa Nyeri

Ketika hormon oksitosin meningkat, hormon endorfin juga naik dan dapat mengurangi rasa nyeri seperti sakit kepala, artritis, maupun keluhan yang berhubungan dengan gejala datang bulan (PMS).

Sebuah studi dalam Bulletin of Experimental Biology and Medicine menguji manfaat itu dengan melibatkan 48 sukarelawan untuk menghirup hormon oksitosin. Hasilnya, mereka menyatakan rasa sakit yang diderita berkurang lima puluh persen.

Awet Muda

Dari segi fisiologis, rutin bercinta bikin awet muda. Hal ini sangat beralasan, karena ketika bercinta, akan melepaskan hormon testosteron dan hormon pertumbuhan yang akan membuat kulit bersinar serta mencegah jerawat.

Tetapi para ilmuwan juga percaya, bahwa ketika bercinta dengan pasangan, yang juga sebagai komitmen dalam menyalurkan kasih sayang, lebih besar efek awet mudanya daripada mereka yang melakukan bercinta tanpa ada kasih sayang.

Memperkuat Tulang Panggul

Selama ini wanita lebih mengenal latihan kegel untuk meningkatkan kualitas kemampuan bercintanya. Latihan ini juga dipercaya mengurangi risiko inkontinesia (susah mengontrol buang air kecil) saat usia mulai menua.

Beberapa peneliti justru mengungkapkan bahwa aktivitas bercinta yang rutin bagi wanita ternyata bermanfaat hampir sama dengan latihan kegel. Aktivitas bercinta rutin bahkan memiliki manfaat lebih, yakni membantu memperkuat tulang pinggul, seperti latihan menahan kencing.

Tidur Berkualitas

Jika Anda ingin menikmati kualitas tidur yang baik, jangan pernah malas bercinta sebelum tidur. Menurut penelitian, saat bercinta, kadar hormon oksitosin akan terlepas bersamaan dengan orgasme. Hal ini akan membantu tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

Cukup tidur berarti baik bagi kesehatan. Perasaan nyaman akibat keluarnya hormon oksitosin saat bercinta juga mempengaruhi tekanan darah, sehingga orang jadi lebih tenang dan bisa tidur nyenyak.

So moms, sudahkah Anda dan pasangan rutin bercinta? Tidak peduli berapa lama usia pernikahan kalian, jangan malas bercinta ya moms. Selain lebih sehat tentu saja akan menambah kebahagiaan. Tapi lakukan selalu dengan pasangan resmi ya moms!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.