8 Tips Agar Tidak Terjerumus dalam Riba

Avatar of PortalMadura.Com
8 Tips Agar Tidak Terjerumus dalam Riba
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dengan menjalankan segala perintah Allah SWT serta menjauhi segala larangan-Nya adalah bentuk ketakwaan bagi seorang muslim/muslimah. Salah satu bentuk larangan yang diharamkan oleh Allah SWT adalah sebagaimana firman-Nya, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat-ganda dan bertaqwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan.” (Q.S. Ali Imran: 130)

Riba adalah perbuatan yang merugikan, baik orang yang berbuat serta orang-orang yang berada di sekeliling pelaku riba. Ada banyak orang yang terjebak atau terjerumus dalam riba, sadar atau tidak, sengaja ataupun tidak disengaja. Namun, di zaman sekarang ini, riba menjadi salah satu perkara yang sulit dihindari.

Terlalu banyak hal-hal yang dapat menjerumuskan seseorang ke dalam perbuatan riba, salah satunya adalah gaya hidup konsumtif yang sudah banyak diterapkan oleh beberapa bagian masyarakat. Banyak yang tidak menyadari bahaya riba sehingga perbuatan riba pun merajalela.

Untuk itu, sebelum kita terjerumus ke dalam perbuatan riba yang sangat tidak diridhoi oleh Allah swt. Maka ada baiknya kita mengetahui dalam riba:

Memahami Hukum Jual Beli dengan Baik
Riba sangat erat kaitannya dengan jual beli. Jika seseorang tidak berhati-hati dalam melakukan transaksi jual beli maka bisa saja ia akan terjerumus ke dalam perbuatan riba.

Oleh karena itu, sebelum terlibat dalam hubungan jual beli, pahamilah bagaimana peraturan-peraturan jual beli yang sesuai dengan sumber syariat islam agar anda sebisa mungkin dapat menghindar dari perbuatan riba.

Memahami Bahaya Riba
Cara agar tidak terjerumus ke dalam riba salah satunya dapat dilakukan dengan mengenali dan memahami secara betul tentang bahaya riba dalam islam. Sehingga hal tersebut bisa menjadi motivasi bagi Anda untuk tidak terpengaruh dan terjerumus dalam perbuatan riba itu sendiri. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Satu dirham yang dimakan oleh seseorang dari transaksi riba sedangkan dia mengetahui, lebih besar dosanya daripada melakukan perbuatan zina sebanyak 36 kali” (HR. Ahmad)

Hindari Sifat Boros
Satu hal yang bisa menjerumuskan seseorang ke dalam perbuatan riba adalah sifat boros dan keinginan untuk selalu bermewah-mewah. Sehingga tanpa sadar ia ingin melakukan berbagai cara, salah satunya adalah terlibat dalam perbuatan riba. Oleh karena itu, salah satu cara menghindari riba adalah hindarilah sifat boros.

Bersifat Qonaah
Selain menghindari sifat boros, Anda juga harusnya senantiasa untuk bersifat qonaah. Syukuri segala sesuatu yang diberikan Allah SWT. Dengan begitu, hati Anda akan dilapangkan dan akan hidup tenang dengan apa yang dimiliki.

Tidak Suka Berutang
Hukum hutang piutang di dalam islam memang diperbolehkan, dengan catatan untuk keperluan mendesak saja. Jangan membiasakan diri untuk bermudah-mudah dalam berutang karena berutang juga bisa menjadi cikal bakal dari perbuatan riba.

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT.
Membiasakan diri untuk senantiasa mengingat kepada Allah SWT. akan dapat membuat kita terhindar dari segala bentuk perbuatan maksiat karena diri kita sadar bahwa Allah SWT. ada dan selau mengawasi gerak-gerik kita. Dengan begitu, kita akan merasa takut untuk terlibat dalam perbuatan apapun yang tidak diridhoi oleh-Nya, salah satunya adalah perbuatan riba.

Hilangkan Sifat Kikir
Kikir adalah salah satu akhlak tercela yang tentu tidak diridhoi oleh Allah SWT. Kikir akan membuat Anda merasa perhitungan dan cenderung enggan membantu sesama, terlebih jika hal tersebut bersangkutan dengan uang atau harta benda.

Hidup di Lingkungan yang Jauh dari Jangkauan Riba
Tak dapat dipungkiri bahwa lingkungan juga menjadi salah satu faktor terbesar mengapa seseorang bisa terpengaruh untuk melakukan sesuatu, salah satunya melakukan perbuatan riba. Jika anda hidup dalam lingkungan yang penuh dengan orang-orang yang suka menerapkan perbuatan riba maka bisa saja anda juga akan termotivasi untuk melakukan hal yang sama.

Oleh karena itu, perbanyaklah bergaul dengan orang-orang yang saleh dan hiduplah di dalam lingkungan yang tidak terjangkau oleh perbuatan riba. Semoga bermanfaat.(Dalamislam.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.