oleh

Guys, Ini 3 Hal yang Jadi Penyebab Perceraian Antara Suami dan Istri

PortalMadura.Com – Pernikahan merupakan salah satu fase yang harus dilewati pasangan untuk menapaki kehidupan rumah tangga. Semua pasangan pasti menginginkan pernikahannya langgeng sampai maut memisahkan.

Namun kenyataannya, sebagian pasangan tidak bisa mempertahankan hubungan mereka karena berbagai masalah. Sehingga jalur perceraian kerap ditempuh untuk menyelesaikan. Dan ini beberapa pemicu perceraian antara suami dan istri. Penasaran?.

Berikut penjelasannya:

Perselingkuhan
Perselingkuhan merupakan salah satu penyebab umum dari perceraian. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa perceraian bukan merupakan satu-satunya solusi dalam menghadapi masalah tersebut.

Sebelum memutuskan untuk bercerai, coba kaji bersama secara jujur mengenai hal-hal apa yang memicu perselingkuhan tersebut. Perselingkuhan bisa jadi merupakan akibat dari permasalahan-permasalahan lain yang ada dalam biduk rumah tangga.

Konflik dan Komitmen
Ketika pasangan Anda tidak berselingkuh, bukan berarti semua tampak baik-baik saja untuknya. Perceraian pun dapat terjadi tanpa adanya perselingkuhan. Terlalu banyak konflik merupakan salah satu penyebab lain.

Ini akan menjadi semakin parah ketika pasangan kehilangan komitmen untuk mempertahankan hubungan rumah tangga yang menyebabkan konflik lebih sering terjadi dan tidak selesai secara tuntas. Coba renungkan bersama tentang apa yang menjadi alasan Anda dan dirinya menikah, serta evaluasi tentang bagaimana komitmen Anda berdua.

Masalah Keuangan
Ini adalah masalah yang sering kali baru disadari setelah menikah. Padahal sebelum memutuskan untuk menikah, Anda dan pasangan wajib membicarakan konsep rencana keuangan yang akan dijalankan.

Rumah tangga bukan hanya dibangun atas dasar perasaan. Anda dan pasangan harus bisa bertahan hidup dengan segala kebutuhan yang ada. Oleh karena itu, sangat disarankan agar pasangan yang berencana untuk menikah wajib membahas masalah keuangan bersama, mulai dari masalah pendapatan, pengeluaran, rencana masa depan, dan lain sebagainya.

Apabila hal ini tidak dibahas tuntas, disaat kesulitan keuangan menerpa, banyak pasangan yang memilih untuk menyerah dan memilih jalur perceraian. (liputan6.com/Desy)


Tirto.ID
Loading...

Komentar