Inilah 5 Hal Penting yang Perlu Umat Muslim Ketahui Tentang Ikhlas

Avatar of PortalMadura.com
Ikhlas
ilustrasi
    Bagikan:

Takut Amalnya tidak Diterima
Dalam hal ini, Allah berfirman: “Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka kembali kepada Tuhan mereka” (QS Al Muminum : 60).

Pada ayat tersebut Allah menjelaskan bahwa di antara sifat-sifat orang mukmin adalah mereka yang memberikan suatu pemberian, namun mereka takut akan tidak diterimanya amal perbuatan mereka tersebut.

Tidak Terpengaruh Perkataan Manusia
Pujian dan perkataan orang lain terhadap seseorang merupakan suatu hal yang pada umumnya disenangi manusia. Bahkan, Rasulullah pernah menyatakan ketika ditanya tentang seseorang yang beramal kebaikan kemudian dia dipuji oleh manusia karenanya beliau menjawab: “Itu adalah kabar gembira yang disegerakan bagi seorang mukmin” (HR Muslim).

Demikian sebaliknya, celaan dari orang lain merupakan suatu hal yang pada umumnya tidak disukai manusia. Namun, janganlah jadikan pujian atau celaan orang lain sebagai sebab beramal saleh karena hal tersebut bukanlah termasuk perbuatan ikhlas. (merdeka.com/Salimah)

Baca Juga:  Kategori Darah Istihadah, Muslimah Wajib Tahu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.