oleh

Kenali, 5 Macam Bunga yang Memiliki Banyak Manfaat Bagi Anda Lho!

PortalMadura.Com – Bunga adalah salah satu sahabat wanita. Banyak perempuan yang menyukai bunga karena kecantikan, warna, dan filosofi yang terkandung di dalamnya. Namun selain memiliki bentuk yang indah, aroma yang menggoda dan warna yang beragam, beberapa jenis bunga juga memiliki manfaat bagi yang mengonsumsinya.

Ternyata bunga memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Memang tidak semua jenis bunga berkhasiat bila dimakan, nyatanya sebagian bunga digunakan hanya untuk pengobatan dari luar. Seperti kembang telang yang berwarna biru, air rendamannya bisa digunakan untuk menjernihkan mata, baik untuk para bayi dan orang dewasa.

Bunga Mawar
Bunga yang kerap diberikan kepada orang terkasih sebagai lambang cinta ini ternyata juga baik untuk dikonsumsi. Karena, bunga ini mengandung zat sitrat, sitronelol, geraniol linalol, nerol, eugenol, feniletilalkohol farnosol, dan nonilaldehida.

Selain untuk kecantikan, mawar juga dikonsumsi untuk melancarkan haid, mengobati keputihan, pembengkakakn payudara, campak, paru-paru, radang usus, rematik, sakit kepala, dan untuk kesehatan kulit.

Melati
Tahukah Anda bunga melati ini punya banyak khasiat, antara lain bisa mengurangi sesak nafas, sakit kepala, jerawat, mata bengkak, radang usus, radang ginjal, dan lainnya.

Bunga Matahari
Bunga indah dan berwarna kuning terang ini ternyata tak hanya indah difoto, tapi juga menyehatkan untuk dikonsumsi. Bunga ini mengandung quercimeritrin, helianthoside, Asam oleanolat, sam echinocystat, prostaglandin E, asam chlorogenic, asam quinat, dan lemak. Biasanya dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi, sakit kepala, sakit gigi, kanker lambung, nyeri lambung, nyeri payudara, dan nyeri pada saat haid.

Kembang Sepatu
Bunga ini mengandung teraxeryl acetat, cyanidin diglucosid, hibisetin, zat pahit, dan lendir. Tak disangka, banyak orang meyakini bunga ini ampuh untuk mengobati TBC, batuk, demam malaria, gondongan, keputihan, melancarkan haid, mimisan, sariawan, dan radang usus.

Kamboja
Bunga kamboja, kerap digunakana leluhur untuk menurunkan panas, peluruh kencing, obat batuk, pelancar BAB, dan lain sebagainya.(fimela.com/Nurul)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura