oleh

Memaknai Carok Dalam Ranah Psikologis

PortalMadura.Com – Pulau Madura yang sering menjadi perhatian publik merupakan salah satu daerah kepulauan yang membentang di arah utara provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Pasca pembangunan jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Surabaya dan Madura merupakan ikon baru dalam memperkenalkan eksistensi Madura dengan segala yang dimilikinya, termasuk budayanya.

Masyarakat tidak lagi membutuhkan waktu yang lama jika ingin datang dan pergi ke Madura. Pulau Madura sendiri memiliki 4 (empat) kabupaten yaitu, Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Kondisi sosial budaya masyarakat Madura sangat kental dengan sikap keramah-tamahannya. Kultur orang Madura yang telah banyak ditanamkan adalah sedapat mungkin bersikap dan berperilaku sopan (andap ashor), dengan cara menggunakan bahasa halus atau tinggi, terutama ketika berkomunikasi dengan orang-orang yang baru kenal (Latiev:2002).

Akan tetapi, realisasi kultur tersebut tidak sepenuhnya teraktualisasi secara konsisten, terlebih disaat orang Madura mengalami ketegangan atau konflik sosial yang cukup dahsyat.

Sebagian orang luar Madura masih memiliki image bahwa orang Madura dikenal sebagai orang yang kasar dan keras tetapi ulet.

Beberapa pernyataan kadangkala mendiskreditkan nilai-nilai kultur tersebut. Tentunya bukan penafsiran belaka melainkan ada pembuktian kongkret yang terjadi, meskipun tidak semua orang Madura bersikap kasar dan keras.


Komentar