Ngeri, Ternyata Ini 3 Makhluk Mistis Penunggu Gunung Lawu

Avatar of PortalMadura.com
Ngeri, Ternyata Ini 3 Makhluk Mistis Penunggu Gunung Lawu
Ilustrasi (Badrul Mozila)

PortalMadura.Com – Gunung yang ada di Pulau Jawa berkaitan erat dengan sejarah kerajaan zaman dahulu. Selain bisa menikmati keindahannya yang memukau mata, sebuah gunung juga kental dengan hal-hal yang berbau mistis.

Para pendaki gunung seringkali mengalami kejadian yang mengerikan, mulai dari melihat penampakan sampai tersesat di hutan. Nah, salah satu gunung di Jawa yang memiliki banyak kisah mistisnya yaitu .

Konon katanya, Gunung Lawu sering dijadikan tempat untuk mencari pesugihan, wangsit, sampai mencari kekuatan. Menurut cerita, Prabu Airlangga sering kali mencari petunjuk di gunung ini. Masyarakat juga percaya gunung ini memiliki makhlus mitos yang merupakan jelmaan sosok gaib.

Apa saja makhluk itu?. Berikut 3 daftarnya:

Burung Jalak Lawu
Pendaki yang menjelajahi Gunung Lawu pasti sudah pernah mendengar soal makhluk misterius ini. Cerita ini dimulai dari legenda Prabu Brawijaya yang diberi petunjuk arah oleh seekor jalak yang menjelma menjadi prajurit menuju ke puncak gunung.

Baca Juga: Paling Ditakuti Para Pendaki, Ini Kisah Menyeramkan ‘Pasar Setan' di Gunung Lawu

Burung Jalak ini dipercaya merupakan penunggu Gunung Lawu dan tidak boleh diganggu, apalagi dibunuh. Jika kebetulan Anda menemukan atau diikuti oleh burung ini, biarkan saja karena dijamin Anda pasti sampai ke puncak. Jangan berniat buruk atau berhati kotor, bisa-bisa Anda tersesat atau mendapat musibah saat mendaki gunung ini.

Kiyongko: Kelabang Mitos di Gunung Lawu
Jangan berharap Anda bisa menemukan makhluk misterius ini secara sengaja. Justru makhluk ini akan muncul secara tiba-tiba untuk menyampaikan pesan kepada pendaki agar menjaga lingkungan dan sumber air di Gunung Lawu.

Menurut mitos, kiyongko atau kaki seribu ini dulunya membawa bencana karena menutup sumber air di Lawu. Kemudian ia ditaklukkan oleh petapa sakti bernama Ki Ageng Sabuk Janur. Oleh beliau, kiyongko dijadikan sebagai penunggu salah satu sumber air di Lawu.

Harimau Lawu
Harimau Lawu dianggap keramat oleh masyarakat sekitar. Harimau misterius ini bisa muncul secara tiba-tiba dan yang menemukannya sering mengalami kejadian mistis. Jika mendaki melalui jalur Cemoro Kandang, Anda akan melihat patung harimau di salah satu punden Gunung Lawu. Konon patung yang dijuluki Eyang Singo Sinebahing Dilah ini kerap dijadikan pemujaan untuk orang yang meminta kekuatan gaib.

Baca Juga: Hiii…. Merinding, Ini 6 Misteri Gunung Lawu yang Dijuluki Tempat Paling Angker Se-Indonesia

Itulah 3 makhluk misterius di Gunung Lawu. Jangan lupa untuk selalu menjaga sikap dan tidak berbuat kerusakan saat mendaki gunung. (tandaseru.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.