oleh

Resep Cumi Bumbu Kari untuk Buka Puasa

PortalMadura.ComSeafood merupakan salah satu bahan makanan yang cocok untuk diolah menjadi berbagai macam masakan. Makanan laut atau yang lebih dikenal dengan sebutan seafood ini tidak hanya menawarkan rasa yang lezat, namun juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan.

Nutrisi ini pun dimiliki oleh berbagai macam produk seafood, salah satunya adalah cumi. Penghuni laut yang satu ini diketahui mempunyai berbagai macam kandungan vitamin tinggi. Mulai dari vitamin A, B6, B12, C, hingga vitamin E. Selain vitamin, produk laut ini juga memiliki kandungan protein yang tidak kalah tinggi.

Bahkan, salah satu yang termasuk keistimewaan cumi adalah kandungan lemak sehat yang dimilikinya sehingga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Tidak heran, jika dari saking banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat di dalam cumi, membuat produk laut yang satu ini cocok untuk diolah menjadi berbagai macam menu untuk berbuka puasa.

Resep Cumi Bumbu Kari

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat sajian buka puasa dengan berbahan dasar cumi, Anda bisa coba membuat cumi bumbu kari.

Berikut resep cumi bumbu kari, dikutip Merdeka.com dari laman Dream.co.id:

Bahan-Bahan:

800 gram cumi ukuran sedang (cuci bersih)
100 gram bawang bombai (diiris tipis)
300 ml santan dari 1/2 butir kelapa parut
15 lembar daun salam atau daun kari
4 siung bawang putih (diiris tipis)
2 cm jahe (iris besar)
2 cm kayu manis
2 sendok makan (sdm) minyak
1 sdm bumbu kari bubuk
1 sdm cabai bubuk
1 sdm air jeruk nipis
1 sendok teh (sdt) gula pasir
1 sdt garam

Baca Juga: Menu Buka Puasa: Resep Puding Jagung Manis yang Lembut dan Segar

Cara Memasak:

Lumurkan cumi dengan air jeruk nipis, diamkan sebentar, lalu tiriskan. Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga layu. Tambahkan jahe, kayu manis, dan daun kari, aduk hingga aromanya harum.

Kemudian, masukan cumi, bumbu kari bubuk, cabai bubuk, gula, dan garam, aduk hingga cumi berubah warna. Tuangkan santan dan masak hingga santan kental dan bumbu meresap, lalu angkat. Cumi bumbu kari siap disajikan untuk menu buka puasa.

Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com